Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang menginstruksikan instansi terkait dapat memantau harga kebutuhan pokok masyarakat menjelang akhir Ramadhan 1443 H.

“Saya instruksikan agar pengawasan di lapangan tetap dilakukan. Jangan sampai terjadi lonjakan harga,” kata Zainal di Tanjung Selor, Bulungan, Jumat.

Dia berharap di Kaltara tidak ada lonjakan harga kebutuhan pokok, sehingga perlu dilakukan pengawasan oleh perangkat daerah terkait supaya harganya tetap stabil.

Sementara itu,  Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltara Suriansyah mengatakan selalu melakukan pemantauan terhadap stok dan harga kebutuhan pokok.

Informasi yang diterima sekda dalam pertemuannya terakhir, bahwa saat ini kebutuhan masyarakat masih terpenuhi dengan harga yang terjangkau.

Dia mengatakan bahwa sejauh ini harga pangan di pasaran masih terkendali. Meski ada kenaikan, diakui masih sebatas wajar. Namun, jelang hari raya, biasanya terjadi lonjakan, sehingga pemerintah terus melakukan pengawasan.

“Harga juga masih stabil. Kalau naik juga tidak terlalu. Kita bersyukur karena masyarakat kita bijak dalam membeli dan tidak ada kepanikan. Jelang hari H nanti kita terus monitor dengan tim kita, termasuk dari distribusi, itu soal ketersediaan, termasuk harga,” kata Suriansyah.

Jika ditemukan terdapat gejolak di lapangan, perangkat daerah bersama tim akan menindaklanjuti.

Selain itu, mengantisipasi permasalahan pangan di lapangan, pemerintah juga berupaya melalui operasi pangan. Misalnya menggelar pasar murah, bazar dan lain-lain.

Jika berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, beberapa komoditas kadang mengalami lonjakan harga jelang lebaran. Misalnya, seperti minyak goreng, cabai hingga telur.

“Alhamdulillah sampai sekarang itu masih bisa kita kendalikan,” kata Suriansyah.

Sementara itu, pada Rabu (13/4) Kementerian Perdagangan (Kemendag)  mengucurkan anggaran untuk pelaksanaan pasar murah jelang Hari Raya Idul Fitri pada daerah perbatasan di Kalimantan Utara tahun ini, yakni Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau dan Desa Mansalong, Kabupaten Nunukan.
Baca juga: Pertamina siagakan tiga SPBU jelang Idul Fitri di Kaltara
Baca juga: BNI: Ramadhan dan Lebaran 2022 momentum akselerasi transaksi QRIS
 

Pewarta : Redaksi
Editor : Susylo Asmalyah
Copyright © ANTARA 2024