Tanjung Selor (ANTARA) - Sebanyak 40 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)  Kalimantan Utara dikukuhkan dan siap bertugas mengibarkan Merah Putih pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Ke-78 Republik Indonesia di Tanjung Selor. 

“Paskibraka adalah putra putri terbaik Kalimantan Utara yang akan melaksanakan tugas penting, mengibarkan bendera Merah Putih di Hari Kemerdekaan Ke-78,” kata Gubernur Zainal A Paliwang di Tanjung Selor, Senin.

Anggota Paskibraka Provinsi Kalimantan Utara dikukuhkan oleh Gubernur Zainal A Paliwang di Tanjung Selor, Minggu (13/8/2023). Pengukuhan itu turut  disaksikan Wakil Gubernur Yansen TP, Danrem 092/Maharajalila Brigjen TNI Ari Estefanus, Wakapolda Kalimantan Utara Brigjen Pol. Kasmudi, serta orangtua anggota Paskibraka.

Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia (RI) tinggal beberapa hari lagi. Gubernur Zainal minta segala persiapan ditinjau kembali, baik kesiapan panitia maupun kesiapan petugas upacara. Harapannya, upacara peringatan HUT Kemerdekaan 17 Agustus berlangsung khidmat dan lancar. 

Gubernur berpesan pula kepada tim pelatih agar mempersiapkan anggota Paskibraka Kalimantan Utara dengan baik, sampai hari upacara nanti. 

Terhadap anggota Paskibraka, dia meminta agar mempersiapkan diri dengan maksimal dan menjaga kesehatan kalian.

“Ingat, Paskibraka akan menjadi pusat perhatian pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan, maka jangan jadikan sebagai beban, tapi jadikanlah motivasi untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia,” tutur Gubernur Zainal. 

Anggota Paskibraka Provinsi Kalimantan Utara telah melalui seleksi di kabupaten/kota dan menjalani pusat pelatihan yang ketat di Tanjung Selor. 

Gubernur Zainal menyebut, anggota Paskibraka yang merupakan putra-putri terbaik bangsa, mencerminkan kader pemimpin bangsa masa depan. 

“Kalian telah ditempa keras untuk menguatkan fisik dan mental, dan oleh karena itu selalu tanamkan prinsip rela berkorban demi keutuhan bangsa Indonesia seperti yang pernah dilakukan oleh para pahlawan pendahulu,” demikian Gubernur Kalimantan Utara.

Mengutip Pedoman Identitas Visual 78 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Pemerintah menetapkan tema besar HUT Ke-78 RI yakni "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju".

Tema tersebut diambil berdasarkan pencapaian yang telah diraih dan menjadikan posisi Indonesia menguntungkan dalam melanjutkan gerak pembangunan Negara.

Dirgahayu Ke-78 Republik Indonesia tahun ini mengajak seluruh elemen bangsa maju bersama dan menggelorakan semangat perjuangan yang belum berakhir. 

Selayaknya olahraga estafet, yang merefleksikan semangat kolektif, berharmoni, berkolaborasi serta sinkronisasi irama gerak dan sinergi pikiran dari tiap-tiap pelari untuk satu tujuan.

Pewarta : Muh. Arfan
Editor : Iskandar Zulkarnaen
Copyright © ANTARA 2024