Tanjung Selor (ANTARA) - Bupati Malinau Wempi W Mawa beserta rombongan tiba di bandara Long Ampung, Kecamatan Kayan Selatan dan siap melaksanakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Ke-78 Republik Indonesia di salah satu desa yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia itu. 

“Desa Long Ampung memiliki ciri khas yang kian memperkuat semangat patriotik dalam menyambut momen bersejarah HUT Ke-78 RI,” kata Wempi W Mawa di Malinau, Selasa. 

Di Long Ampung, Bupati Malinau membuka turnamen sepak bola Bupati Cup dan Liga Pelajar, Selasa (15/8/2023) sore.

Pada 16 Agustus 2023, ia akan mengukuhkan pasukan Paskibraka setempat, serta mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI dan Upacara HUT Ke-78.

Tidak hanya itu, Bupati Malinau juga dijadwalkan akan menyematkan penghargaan Satya Lencana Karya dan SK Pensiun kepada individu yang berjasa.

Di tengah semangat peringatan kemerdekaan, Bupati Wempi juga akan meresmikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan TK Kecamatan Sungai Boh, Kayan Hilir, serta Kayan Hulu. 

Sebelumnya pada 10 Agustus 2023 di Kota Malinau, Bupati menyerahkan bendera kepada perwakilan masyarakat bertajuk gerakan “10 Juta Bendera Merah Putih”. 

Ia mengatakan, gerakan itu tidak hanya menjadi sekedar acara seremonial semata, tetapi merupakan ungkapan nyata dari rasa cinta tanah air dan semangat persatuan yang mendalam di kalangan masyarakat Malinau. 

Dia mengajak seluruh warga Malinau mengibarkan bendera Merah Putih di pekarangan rumah, sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia.

“Bendera Merah Putih ini adalah cerminan keberagaman bangsa kita yang harus tetap bersatu dalam perbedaan dan mari jadikan momen ini sebagai inspirasi terus memperkokoh persatuan, menjaga kebinekaan, dan meneruskan semangat perjuangan para pendahulu,” demikian Bupati Malinau.

Pewarta : Muh. Arfan
Editor : Iskandar Zulkarnaen
Copyright © ANTARA 2024