Tanjung Selor (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Utara mengharapkan dukungan media massa dalam kelancaran Pilkada 2024, khususnya sebagai  fungsi penyebaran informasi dan pengawasan.

Hal itu disampaikan Arif Rochman,  Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas, dan Humas Bawaslu Kaltara di Tanjung Selor,  Sabtu.

Hal itu diutarakan  pada acara dialog dan  penandatangan MoU (Kesepahaman Bersama) dan Perjanjian Kerja Sama Bawaslu Kaltara bersama media di Kalimantan Utara.

"Kami sangat membutuhkan media karena beberapa fungsinya, termasuk fungsi pengawasan,  hal itu penting bagi setiap lembaga termasuk Bawaslu agar saat bekerja tidak melampaui kewenangan, " papar dia.


Baca juga: Bawaslu Kaltara gelar Internalisasi Nilai Pancasila, tekankan integritas pengawas Pilkada
Baca juga: Bawaslu Kaltara buka pendaftaran 1.363 Pengawas TPS, ini syaratnya
Baca juga: Bawaslu sebut pendaftaran Pilkada Kaltara sudah adil bagi semua paslon
  Ini harapan Bawaslu Kaltara kepada media di Kalimantan Utara

Sebagai lembaga pengawas, maka kerja-kerja Bawaslu perlu juga mendapat pengawasan agar tidak melangkah ke luar dari kewenangan mereka.

"Setiap masukan atau kritikan akan kami terima dengan lapang dada, mengingat tujuannya pasti untuk perbaikan kualitas pelaksanaan pesta demokrasi ini, " katanya.

Dalam acara bertema "Bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu", ia menambah bahwa peran lain yang diharapkan adalah fungsi sosialisasi bagi  berbagai kebijakan pemerintah, termasuk tahapan Pilkada.

Peran media massa, kata dia sangat strategis dalam menghasilkan pesta demokrasi yang berkualitas.

"Maupun berbagai hal terkait informasi, mengingat hal itu  penting bagi suksesnya Pilkada karena hakikatnya kita ingin agar pesta demokrasi ini bisa berjalan baik dan berkualitas, " paparnya.

Media juga diharapkan untuk menjalankan  fungsi pendidikan dan promosi terutama menyampaikan hal-hal yang benar atau meluruskan berbagai informasi yang salah atau hoaks.

Baca juga: Bawaslu Kaltara lakukan pengawasan pendaftaran bapaslon kepala daerah di KPU
Baca juga: Hadiri Rakor Penguatan Kelembagaan di Kaltara, Lolly Suhenty ingatkan bahwa integritas wajah lembaga
Baca juga: Bawaslu apel siaga pengawasan partisifatif di perbatasan, ajak warga awasi Pilkada

Pewarta : Redaksi
Editor : Iskandar Zulkarnaen
Copyright © ANTARA 2024