Optimis Seluruh Pekerjaan Tuntas di Akhir 2019

id Lelang, Pekerjaan,Realisasi, Fisik

Optimis Seluruh Pekerjaan Tuntas di Akhir 2019

Gambar Ilustrasi (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara), melalui Biro Pembangunan optimis seluruh proses pelelangan akan tuntas di akhir tahun 2019. Sesuai data, per 31 Oktober 2019, seluruh paket kegiatan yang memiliki surat tugas sudah 93,58 persen atau hampir seluruhnya telah menyelesaikan lelang. Sementara paket kegiatan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan, 95,45 persen juga sudah melakukan lelang.

“Kita optimis seluruh paket kegiatan yang masuk di ULP (Unit Layanan Pengadaan) Biro Pembangunan akan selesai di akhir 2019 nanti. Jika tidak selesai, itu merupakan ranah dari PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) untuk melakukan addendum atau pemberian kesempatan kepada kontraktor,” ujar Kepala Bidang (Kabid) ULP Biro Pembangunan, Tri Prayitno.

Sementara, terpisah Kabid Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPR-Perkim) Kaltara, Yusran mengatakan, saat ini seluruh kegiatan yang ada di Bina Marga realisasi fisiknya telah mencapai 63,22 persen. Bahkan hampir seluruh proses kegiatan yang ada pada APBD murni hampir semuanya telah selesai dikerjakan.

“Untuk kegiatan di APBD murni hampir seluruhnya telah selesai. Sementara dari APBD perubahan sementara ini sedang berjalan,” katanya. Pemberian addendum sendiri, tambah Yusran, ada kemungkinan dilakukan. Dan itu diperbolehkan dalam kegiatan kontruksi, dengan menyesuaikan kondisi di lapangan.

Artinya, bila terjadi keterlambatan diakhir tahun, maka akan dipertimbangkan untuk melanjutkan pekerjaan ditahun berikutnya. Dengan perpanjangan waktu maksimal 50 hari kalender, disertai dengan denda 1/1000 dari sisa volume yang belum tuntas diselesaikan. “Namun begitu, kita tetap optimis, seluruh kegiatan yang ada khususnya pada Bina Marga akan selesai diakhir tahun 2019,” ungkapnya.

Sebagai informasi, dari total pagu anggaran Rp 2.793.404.486.168,25, hingga per 31 Oktober 2019, tercatat progres realisasi fisik kegiatan di lingkup Pemprov Kaltara mencapai 59,89 persen. Sementara untuk progress realisasi keuangannya, mencapai 55,71 persen. Untuk itu, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kaltara agar terus menggenjot realisasi anggarannya di tahun anggaran (TA) 2019. Mengingat, saat ini sudah masuk pada pertengahan bulan November.

Pewarta :
Uploader : Firsta Susan Ferdiany
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar