Tarakan (ANTARA) - Menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh – Sumatera Utara Tahun 2024, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) terus memaksimalkan dukungan kepada kontingen yang akan berlaga. 

"Pemprov Kaltara telah mengalokasikan anggaran untuk mendukung seluruh kontingen yang akan berlaga di PON XXI Aceh tersebut," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltara Obed Daniel di Tanjung Selor, Bulungan, Senin.

Pemprov Kaltara sudah menganggarkan sebesar kurang lebih Rp34 miliar untuk pembiayaan kontingen PON Kaltara, baik untuk yang bertanding di Aceh maupun di Sumatera Utara.
 
Ia menyebut sejauh ini prosesnya tidak mengalami kendala, sebab penganggarannya dilakukan secara akuntabel.

“Kita tahu kan kalau keuangan ini aturannya agak ketat, jadi semata-mata kehati-hatian dari situ bukan karena alasan yang lain," katanya. 

Obed mengungkapkan untuk cabang olahraga (cabor) yang lolos melalui koordinasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltara dan sudah melakukan persiapan pemusatan latihan mandiri.

Pemusatan latihan mandiri sendiri ditanggung sepenuhnya oleh cabor yang lolos. Mereka, kata Obed melakukan pelatihan terprogram, terstruktur itu melalui program latihan yang dibuat pelatih yang mereka tunjuk masing – masing. 

“Sekarang kita Dispora sudah gerak cepat untuk memproses pencairan tersebut sudah berjalan, mudah – mudahan dalam satu pekan ini sudah cair," kata Obed.
 
Ia menyampaikan sampai dengan sekarang data cabor yang lolos kurang lebih 28 cabor baik olahraga bela diri, permainan maupun olahraga yang terukur untuk kontingen Kaltara. 

Dalam tiga bulan ini tidak ada perubahan menjelang PON maka akan dilaksanakan pemusatan latihan terdesentralisasi akan ditangani langsung oleh KONI Kaltara untuk persiapan PON. 

“Mudah – mudahan dengan persiapan tiga bulan dan kondisi atlet, pelatih konsisten dalam program – program pelatihan bisa memberikan hasil yang maksimal terhadap kontingen Kaltara,” katanya.
Baca juga: Pemprov Kaltara Pastikan Prolanteraku Tetap Berjalan
Baca juga: Provinsi Kaltara Kirim 2 Kader Pemuda Bela Negara
 

Pewarta : Redaksi
Editor : Susylo Asmalyah
Copyright © ANTARA 2024