Tarakan (ANTARA) - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Kalimantan Utara Togap Simangunsong mengajak semua pihak sukseskan pilkada serentak.

"Beberapa hal penting dalam mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada. Pertama pesan dari Bapak Presiden Jokowi yaitu untuk selalu memperhatikan kebutuhan logistik daerah," kata Togap di Tarakan, Kamis saat memimpin Rapat Komite Intelijen Daerah Provinsi Kalimantan Utara (Kominda Kaltara).

Dalam rapat tersebut mengusung tema “Antisipasi Potensi Kerawanan Dalam Pentahapan dan Pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Provinsi Kalimantan Utara”.

“Proteksi potensi dini seperti pencegahan inflasi minyak goreng, beras, kemudian bahan bakar minyak yang terutama menjadi fokus pengelolaan di lapangan menjelang Pilkada,” katanya.

Menurutnya Provinsi Kaltara sudah memiliki akses logistik hampir di semua daerah serta mampu menjaga kondisi inflasi di kabupaten/kota masing – masing.

Ia juga menyampaikan pesan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian kepada seluruh pihak instansi keamanan untuk bersama – sama menjaga kondusifitas dan keamanan menjelang Pilkada serentak pada tanggal 27 November 2024.

Togap juga menuturkan hal ini selalu disampaikan berulang kali oleh Mendagri. “Bahwa semua komponen keamanan yang ada di wilayah masing – masing tetap harus bertanggung jawab di wilayahnya, jangan meminta bantuan dari wilayah lain,” terangnya.

Ia meminta untuk semua perangkat daerah agar bisa terjun ke masyarakat dan mencari tahu kendala yang dihadapi, dan berbagai potensi yang akan dihadapi sehingga bisa diantisipasi ketika pesta Pilkada serentak nantinya.

“Jadi pesan saya dalam rapat ini agar selalu memperhatikan hal – hal detail dan menjadi pokok – pokok perhatian dalam Komite Intelijen Daerah ini,” katanya.
Baca juga: Pj Gubernur Kaltara Berharap Peningkatan Kapasitas Pelaku Jasa Konstruksi
Baca juga: Pemprov Kaltara Mendukung Hak Bahasa Isyarat

 

Pewarta : Redaksi
Editor : Susylo Asmalyah
Copyright © ANTARA 2024