Tanjung Selor (ANTARA) - Hari Kesaktian Pancasila adalah hari peringatan kedudukan Pancasila sebagai satu-satunya ideologi, pandangan hidup, dan dasar negara Bangsa Indonesia yang sempat mendapat tentangan dari kelompok tertentu, salah satunya Partai Komunis Indonesia (PKI).

Pancasila menekankan pentingnya persatuan dan keadilan di Indonesia. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah kesempatan untuk mengingatkan diri sendiri dan masyarakat akan pentingnya persatuan dan keadilan dalam membangun bangsa.

Sebagai tindaklanjut dari Keputusan Presiden RI Nomor 153 Tahun 1967 dan Surat Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Nomor 23224/MPK. F/TU.02.03/2024 tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024, Maka Polda Kaltara melaksanakan upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila tahun 2024.

Baca juga: Waka Polda Kaltara Bersama Forkopimda Hadiri Kegiatan Silatutahmi bersama Pjs. Gubernur

  Polda Kaltara Laksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila Ke 59 tahun 2024 (Humas Polda)
Bertindak sebagai Inspektur upacara yaitu Wakapolda Kaltara Brigjen Pol. Dr. Golkar Pangarso Rahardjo Winarsadi S.H., S.I.K., M.H., Kompol Irwandhy Idrus C.P.H.R., S.I.K sebagai Komandan upacara, Ipda Muhammad Naufal Aji Pratama S.Tr.K sebagai pembaca UUD 1945, Ipda Samuel Junrichky Hasibuan S.Tr.K sebagai pembaca Naskah Ikrar dan para Personel Polda Kaltara sebagai peserta upacara.

Pembacaan naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila 2024 bertujuan sebagai komitmen untuk menjaga dan mempertahankan Pancasila.



Baca juga: Silaturahmi Kapolda Kaltara beserta PJU dengan wartawan Polda Kaltara Laksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila Ke 59 tahun 2024 (Humas Polda)


Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024 mengambil tema "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas".

Pelaksanaan upacara berjalan dengan penuh hikmat sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para Pahlawan Revolusi dan Pancasila.

Baca juga: Kapolda Kaltara Hadiri Deklarasi Kampanye Damai Pilkada Kaltara 2024
  Polda Kaltara Laksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila Ke 59 tahun 2024 (Humas Polda)
 

Pewarta : Rilis
Editor : Iskandar Zulkarnaen
Copyright © ANTARA 2024