Oleh M Rusman

   Malinau (Antara News Kaltara) - Bupati Malinau, Kalimantan Utara, Yansen TP menegaskan bahwa kepala desa (kades) setempat harus menjadi garda terdepan dalam menggerakkan roda pembangunan, mengingat posisi strategis daerah itu yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

        "Kades bersama perangkatnya, harus menjadi garda terdepan dalam menggenjot pembangunan di Kabupaten Malinau yang berbatasan dengan Negeri Sarawak, Malaysia itu," kata Bupati Yansen di Malinau, Sabtu.

        Kabupaten Malinau yang terdiri dari 15 kecamatan itu, para kades diminta berlomba-lomba menjalankan tugas dan tanggungjawab yang baik dalam membangun wilayahnya agar mandiri, makmur, aman, nyaman dan damai.

        Tiga program unggulan Pemkab Malinau harus dijalankan di desa masing-masing yaitu program RT Bersih, beras daerah dan wajib belajar 16 tahun, terang Yansen TP di Malinau melalui pesan tertulisnya, Sabtu.

        Langkah ini perlu mendapatkan kerja keras dan sinergitas dari seluruh kades sesuai tahapannya dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa.

        Pada kesempatan itu, Bupati Malinau juga berpesan kepada kades di daerahnya agar mampu menggerakkan seluruh potensi kekuatan masyarakat yang ada di desanya.

        Seperti LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat), karang taruna, PKK desa dan kader posyandu, dasawisma, ketua RT, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, pemuda dan tokoh wanita lainnya.

        Lebih penting lagi, kata dia, para kades harus menjaga lingkungannya agar tetap kondusif dan jauh dari peredaran narkoba.

Pewarta :
Editor : Iskandar Zulkarnaen
Copyright © ANTARA 2024