Tarakan (ANTARA) - Perekonomian di Tarakan sampai pada September 2021 telah tumbuh 5,27 persen year on year dibandingkan periode sebelumnya.

"Pemerintah Kota Tarakan terus bertekad untuk menjadikan bagaimana kota ini menjadi kota yang dikelola dengan cermat, kota yang nyaman untuk dihuni," kata Wali Kota Tarakan, Khairul  pada Hari Jadi ke 24 Kota Tarakan, Rabu.

Serta kota yang memberikan ruang seluas-luasnya bagi semua untuk meraih kesejahteraan.  Inilah esensi smart city yang diusung dalam visi Kota Tarakan. 

"Semangat  ini  pulalah  yang mendorong Pemkot Tarakan melaksanakan berbagai upaya untuk mendorong bangkit dan tumbuhnya UMKM Kota Tarakan," kata Khairul.

Melalui dukungan kebijakan, promosi, dan pendampingan. Apalagi kita tahu, UMKM menopang hampir 2/3 porsi perekonomian Kota Tarakan dan lebih dari 3/4 masyarakat usia produktif di Kota Tarakan bekerja di sektor ini. 

Dijelaskannya bahwa sesuai dengan Rencana Kerja Pembangunan, Tahun 2021 menjadi tahun pemantapan pengembangan ekonomi wilayah dan sumber daya lokal yang berkualitas. 

Untuk itu, penyambungan PDAM gratis, pembangunan embung, obyek wisata, pembangunan di lingkungan RT, dukungan bagi pelaku usaha perikanan dan pertanian.

Serta pemenuhan ruang dan fasilitas publik yang nyaman dan layak, pembangunan pusat aktivitas keagamaan, olahraga, dan lain sebagainya terus dilanjutkan.

"Komitmen pembangunan ini tentunya dilakukan dengan mengedepankan tata kelola pemerintahan yang baik," kata Khairul.

Pembangunan dilakukan dengan perencanaan yang matang dengan evaluasi yang terukur. Ini pulalah yang menjadikan Kota Tarakan terus dapat mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Pemerintah pada tahun ini.

Layanan publik juga ditingkatkan dengan beroperasinya Mal Pelayanan Publik.

"Hari ini pula untuk peningkatan layanan publik, kita akan meluncurkan command center untuk semakin melengkapi infrastruktur smart city yang saat ini telah berjalan," kata Khairul.
Baca juga: Tarakan Meraih Natamukti Award 2021
Baca juga: Wali Kota Tarakan Tidak Berikan Cuti ASN Selama Libur Nataru

Pewarta : Redaksi
Editor : Susylo Asmalyah
Copyright © ANTARA 2024