Tarakan (ANTARA) - Wali Kota Tarakan, Kalimantan Utara Khairul melakukan penyerahan secara simbolis bantuan kepada para penyintas kebakaran yang terjadi di RT 1 Kelurahan Selumit Pantai.

"Mudah-mudahan berbagai bantuan ini dapat meringankan beban yang dirasakan dan semoga kita semua dapat memulai kembali melanjutkan kehidupan, yang hilang diganti lebih baik dan lebih banyak," kata Khairul di Posko Tanggap Darurat Bencana SDN 028 Selumit Pantai Tarakan, Sabtu.

Musibah kebakaran terdapat 195 kepala keluarga yang terdampak, dengan total 587 jiwa dan 164 bangunan yang terkena dampak serius dari kejadian yang terjadi pada musibah kebakaran pada Minggu (6/8).

Total dana sebesar Rp980.769.500,- yang dihimpun dari donatur dibagikan secara merata untuk seluruh keluarga.

Demikian juga dengan bantuan natura baik dari pemerintah maupun masyarakat. 

Para penyintas juga memperoleh bantuan dari Pemkot Tarakan dalam status masing-masing sebagai pemilik rumah, penyewa, dan keluarga yang menumpang dengan nominal yang disesuaikan dengan ketentuan yang ada. 

"Masih ada beberapa paket bantuan lainnya yang saat ini sedang berproses dan akan disusul untuk membantu proses pemulihan," kata Khairul.

Selain itu, dalam upaya mendukung pendidikan para anak yang terdampak, sebanyak 60 anak dari sekolah SD, SMP dan SMA juga mendapatkan bantuan perlengkapan sekolah.

Wali Kota berharap semua bantuan yang diterima tersebut dapat memberikan manfaat bagi para penyintas.

Ia juga menyampaikan terima kasih bagi para donatur, termasuk para ASN yang telah mengumpulkan sumbangan yang cukup besar, juga bagi lembaga dan organisasi maupun masyarakat pada umumnya. 

Para personel dari berbagai unsur yang tanpa henti melayani masyarakat korban kebakaran pun turut memperoleh apresiasi dari Wali Kota.

Dengan diserahkannya bantuan ini, maka secara resmi Posko Tanggap Darurat Bencana Kebakaran RT 1 Selumit Pantai resmi ditutup.

Kendatipun demikian, pintu donasi bagi masyarakat masih terbuka, masyarakat dapat menyampaikan bantuannya melalui BAZNAS Tarakan usai dibubarkan posko  tersebut.
Baca juga: Jumlah Korban Kebakaran di Beringin 4 Tarakan Terus Diverifikasi
Baca juga: Pemkot Tarakan Anggarkan Beasiswa Untuk Pelajar Sebesar Rp2 Miliar
 

Pewarta : Redaksi
Editor : Susylo Asmalyah
Copyright © ANTARA 2024