Tideng Pale (ANTARA) -  Di Bawah langit malam lapangan Stadion Mini TIdeng Pale, Kabupaten Tana Tidung (KTT) pada senin (10/6) malam. Malam Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) IX Kalimantan Utara (Kaltara) berlangsung secara megah dan meriah.

Gubernur Kaltara DR. (H.C). H. Zainal A. Paliwang, M.Hum., yang didampingi Wakil Gubernur Dr. Yansen TP, M.Si., beserta istri, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltara Dr. H. Suriansyah, M.AP., hadir langsung pada malam pembukaan MTQ IX Kaltara di Bumi Upun Taka ini.

Acara diawali dengan defile ratusan peserta kafilah-kafilah dari 5 (lima) Kabupaten/Kota yang turut serta dalam MTQ ini. Yang mana juga terdapat kafilah-kafilah dari MTQ Mualaf yang juga dihelat secara bersamaan.

Setelah defile, lalu dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran yang dilantunkan oleh Qori Internasional H. Darwin Hasibuan, S.Pd.i., asal Sumatera Utara yang dengan lantunan indahnya mampu menyihir seluruh tamu undangan dan penonton yang hadir di sekitaran panggung utama tempat berlangsungnya acara.

Lalu Gubernur yang dalam kesempatannya memberikan sambutan, mengucapkan apresiasi serta dukungannya dalam terselenggaranya MTQ IX Kaltara dan berharap dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancer dan memberi keberkahan bagi semuanya.

“Kita ketahui bersama, Al-Quran merupakan sumber pengetahuan yang mengandung nilai-nilai  kehidupan yang mengajarkan tentang mana yang benar dan mana yang salah, baik dan buruk,” lanjut Zainal dalam sambutannya.

Menurutnya, MTQ memiliki posisi vital dalam membangun rangka spiritual akhlak. Maka dari itu melalui MTQ ini menjadi kesempatan kita semua untuk merefleksi, berzikir serta bertafakur dalam membangun akhlak dan peradaban.

“Saya berharap, lantunan-lantunan ayat suci Al-Quran yang akan dibacakan dengan indah pada perhelatan MTQ kali ini dapat melahirkan generasi-generasi yang mempunyai kecerdasan spiritual, sosial dan moral untuk membangun bangsa dan Provinsi Kaltara pada khususnya," tutupnya.

Setelah sambutan, Gubernur secara simbolis membuka MTQ IX yang dilakukan bersama-sama  dengan tamu kehormatan lainnya dengan menembakan pointer laser menuju layar di panggung utama MTQ yang ada dihadapannya.

Dan setelah rangkaian pembukaan secara simbolis berakhir, acara dilanjutkan dengan panggung hiburan yang menampilkan Fatin Shidqqia sebagai penampil utama untuk menghibur tamu kehormatan serta ratusan masyarakat KTT yang hadir

Turut hadir juga Bupati KTT Ibrahim Ali beserta istri, Bupati Bulungan Syarwani, Wakil Bupati Malinau, Wakil Bupati Nunukan, perwakilak Pemkot Tarakan serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kaltara serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kaltara dan KTT.

Dan rangkaian MTQ ke-IX kali ini akan dilaksanakan selama 7 (tujuh) hari, yang dimulai dari tanggal 8 Juni hingga 14 Juni 2024 mendatang. (dkisp)

Baca juga: Kembali Perkuat Pendidikan Dasar, Pemprov Kaltara Sambut Program INOVASI Fase 3
Baca juga: Libatkan Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan
Baca juga: Wagub Kaltara Pimpin Apel, Sampaikan 4 Nilai Menuju Versi Terbaik Diri
Baca juga: Dari Roadshow TP-PKK Kaltara di Tapal Batas Indonesia (Bagian 1): Perjuangan Anak-anak TKI Tempuh 20km Berjalan Kaki untuk ke Sekolah

Pewarta : Rilis
Editor : Iskandar Zulkarnaen
Copyright © ANTARA 2024