Tarakan (ANTARA) - Proses sortir dan pelipatan surat suara untuk logistik Pemungutan Suara Ulang (PSU) Tarakan Tengah sudah rampung dan akan didistribusikan.

"Total petugas sortir dan pelipatan surat suara berjumlah 50 orang. Seluruh proses diawasi ketat oleh petugas, dibantu pengawasan kamera CCTV yang terintegrasi di Mako Polres Tarakan," kata Anggota KPU Kota Tarakan Divisi Teknis Penyelenggara Asriadi di Tarakan, Jumat.

Dia mengatakan bahwa saat ini memang sudah masuk tahapan distribusi logistik untuk PSU di Dapil I Tarakan Tengah.

Proses sortir dan pelipatan surat suara yang lakukan di gudang logistik KPU, lokasinya ada di satu bangunan milik Mall Pelayanan Publik (MPP).

Selain surat suara, KPU juga sedang melakukan persiapan distribusi logistik lainnya yakni kotak suara.

Saat ini logistik berupa surat suara juga sudah tiba dan disimpan di gudang. Seluruh logistik dipastikan akan siap sesuai tahapan, untuk menghadapi PSU Tarakan Tengah pada 13 Juli 2024.

"Semua sudah sesuai tahapan dari juknis yang kita terima dari KPU RI. Logistik kami pastikan seluruhnya akan siap pada waktunya. Kami berharap semuanya lancar sampai nanti hari pemungutan suara di PSU," kata Asriadi.

Total surat suara yang disiapkan KPU sesuai hasil rapat pleno untuk PSU Tarakan Tengah, ialah sebanyak 49.741 untuk total 194 TPS. Setelah proses sortir, petugas sudah memisahkan surat suara yang rusak.

Jumlah surat suara itu sudah termasuk cadangan, kemudian Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTB), Daftar Pemilih Khusus (DPK).

"Pada intinya yang memiliki hak pilih di PSU, adalah mereka yang sudah terdaftar dan sudah menyalurkan hak pilih di Pemilu 2024," katanya.
Baca juga: Erick Hendrawan Siap Menangkan Golkar di PSU Tarakan Tengah
Baca juga: Tarakan luncurkan maskot Pilkada "Si Mastan"
 

Pewarta : Redaksi
Editor : Susylo Asmalyah
Copyright © ANTARA 2024