Masyarakat Kalimantan Patut Diperhitungkan

id Kuliah, umum,Kutai, Kartanegara

Masyarakat Kalimantan Patut Diperhitungkan

DIKUKUHKAN : Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie memberikan bendera pataka KBBKT-KU kepada Ketua KBBKT-KU Kukar terpilih M Yamin usai dikukuhkan di Pendopo Bupati Kukar, Jumat (29/3) lalu.  (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (ANTARA) - Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie menyampaikan, eksistensi masyarakat Kalimantan patut diperhitungkan dari segala aspek baik pada level nasional hingga internasional. Hal itu disampaikannya saat mengisi kuliah umum kepada mahasiswa di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Jumat (29/3) lalu.

Menurutnya, begitu banyak orang Kalimantan yang cukup sukses pada bidangnya masing-masing yang dapat menjadi contoh serta tauladan. “Ini yang harus kita contoh, karena banyak orang Kalimantan yang telah sukses, pada bidangnya masing-masing serta berkontribusi untuk pembangunan nasional,” kata Irianto pada kegiatan yang digagas oleh Pengurus Kerukunan Bubuhan Banjar Kalimantan Timur-Kalimantan Utara (KBB KT-KU) Kukar itu.

Ia pun menjelaskan, kiat jika ingin sukses, salah satunya adalah memiliki mental 'baja'. Ia meminta agar jangan terbuai dengan sumberdaya yang dimiliki saat ini. "Ini harus dimiliki, agar untuk mencapai kesuksesan. Jika gagal, coba lagi, gagal coba lagi. Habiskan jatah gagal kita, serta nikmati proses dan jadikan itu sebagai pengalaman untuk memperbaiki diri,"jelas Irianto.

Kiat lainnya adalah mampu bergerak cepat. Ini merupakan hal yang paling penting untuk merespons perubahan bahkan bisa disebutkan sebagai kunci keberhasilan. Ini menjadi keunggulan agar masyarakat semakin kompetitif. Selain itu mereka juga adalah pekerja keras. Dan yang paling penting itu adalah mampu bergerak cepat. “Karena masalah saat ini datang begitu cepat, dan jika tidak diselesaikan, maka akan menambah masalah,” jelasnya.

Karena itu, Irianto mengimbau kepada mahasiswa agar terus memperbanyak pertemanan. Karena kiat keberhasilan 70 persen terletak pada pertemanan. Ini bertujuan untuk memberikan dampak positif di masa depan. “Tidak usah takut menghadapi masa depan. Kita harus berani menghadapinya dengan keunggulan kita. Karena itu mindset kita jangan terkotak-kotak lagi , yang paling itu adalah aksi dengan menghasilkan sesuatu yang bisa dirasakan orang banyak,” jelasnya.

Malam harinya, Gubernur yang juga sebagai Ketua Badan Pengurus Provinsi KBBKT-KU, mengukuhkan pengurus KBBKT-KU Cabang Kukar di mana ketua terpilihnya adalah Muhammad Yamin. Penetapan M Yamin jadi Ketua KBBKT-KU Kukar tersebut setelah dalam proses pemilihan ketua melalui Musyawarah Kabupaten (Muskab) KBBKT-KU Kukar pada Februari lalu. Ia mendapat 15 suara dari 21 suara yang diperebutkan. “Saya ucapkan kepada ketua terpilih, saya berharap amanah ini dapat dijalankan dengan baik,” jelasnya.

Ia juga meminta kepada KBBKT-KU Kukar, untuk berkolaborasi dengan pemerintah dalam pembangunan Kukar. Salah satunya dengan menyusun program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. “Saya berharap, para pengurus yang baru saja dikukuhkan, dapat bersinergi dengan pemerintah setempat untuk membangun Kukar. Tentunya, harus diiringi dengan kerja nyata. Dan saya berharap program kerja yang disusun pun dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tuntas Irianto.