Pemprov siapkan 15 Pos Kesehatan Lebaran

id Pemprov, Siapkan,Pos,Kesehatan

Pemprov siapkan 15 Pos Kesehatan Lebaran

Gambar Infografis (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menyiapkan sedikitnya 15 pos kesehatan yang tersebar di 4 kabupaten/kota untuk melayani pemudik pada arus mudik dan balik lebaran 2019. “Ada 15 pos kesehatan, sedikitnya masing-masing ada 3 titik,” kata Kepala Dinkes Kaltara, Usman usai menghadiri Rapat Staf di Ruang Rapat Kantor Gubernur, Senin (27/5).

Pos kesehatan itu, kata dia, tak hanya diisi tim kesehatan saja. Melainkan ada dari Dinas Perhubungan (Dishub), TNI, Polri dan instansi terkait lainnya. Dinkes Kaltara sendiri telah menunjuk petugas yang akan bertugas di posko kesehatan sebanyak 25 orang. Meliputi, 2 orang dokter umum dan sisanya paramedis. “Kita juga telah bersurat, dalam surat kita himbau kepada seluruh kabupaten/kota untuk menyiapkan tenaga kesehatannya. Serta mendirikan pos kesehatan di titik-titik arus mudik dan balik lebaran,” ungkap Usman.

Usman menjelaskan, selain petugas kesehatan, nantinya di posko kesehatan juga akan disiapkan mobil ambulans. “Dalam satu posko dua petugas kesehatan. Jika nanti ada pemudik yang sakit atau pemudik yang kecelakaan bisa langsung ditangani, bahkan merujuk ke rumah sakit nantinya,” terangnya.

Ada pun 15 titik posko kesehatan tersebut yakni untuk Kabupaten Bulungan ada di Pelabuhan Speed Besar Sabanar Lama, Simpang KM 2 Jalan Jelarai, Tambangan Penyebrangan Tanjung Palas. Kabupaten Tana Tidung (KTT) ada di Pelabuhan Speed Tidung Pala, dan Pelabuhan Speed Sesayap. Untuk Kabupaten Malinau ada di Bandara R.A Bessing, Pelabuhan Speed Malinau, Pos Jaga Jalan Tanjung Belimbing. Dan untuk Kabupaten Nunukan ada di Pelabuhan Speed Nunukan, Pelabuhan Kapal Ferry Nunukan.

Sementara di Tarakan, titik pos kesehatan ada di Pasar Gusher, Simpang empat Grand Tarakan Mall (GRM), Pelabuhan SDF, Bandara Juwata, dan Pelabuhan Ferry Juwata. “Untuk titik-titiknya kemungkinan masih bisa bertambah, saat ini kita masih menunggu laporan dari masing-masing kabupaten/kota,” katanya. Pos kesehatan lebaran akan dibuka pada H-7 hingga H+7 lebaran. “Untuk warga disampaikan agar tetap menjaga kesehatan selama mudik dan balik lebaran,” timpalnya.