Gandeng Perusahaan, Pemprov Gelar Job Fair

id Job, Fair, Borneo,Tarakan

Gandeng Perusahaan, Pemprov Gelar Job Fair

Gambar Infografis (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (ANTARA) - Bertujuan untuk memberikan kesempatan kerja bagi para muda di Kalimantan Utara (Kaltara), Pemerintah Provinsi (Pemprov), melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) akan menggelar job fair atau bursa lowongan kerja. Kegiatan untuk tahun kedua ini, rencananya digelar di Kampus Universitas Borneo Tarakan pada 25-26 Juli mendatang.

Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie pun berharap program ini dapat dimanfaatkan seluruh pencari kerja. Utamanya warga Kaltara untuk mencari pekerjaan yang tepat dan sesuai dengan jenjang pendidikannya. Selain itu, Irianto juga mengimbau agar perusahaan yang ada di Kaltara, dapat berpartisipasi pada program tahunan ini.

Untuk tahun ini, job fair kembali digelar. Tepatnya, pada 25 hingga 26 Juli mendatang di gedung Science Techno Park-Universitas Borneo Tarakan (UBT) ini. Kegiatan ini akan melibatkan sejumlah perusahaan yang beroperasi di Kaltara dan membutuhkan tenaga kerja. “Dijadwalkan job fair tahun ini, pada hari pertama dibuka mulai pukul 08.30 hingga 15.30 Wita. Sementara hari kedua, dari pukul 08.30 hingga 11.30 Wita,” kata Gubernur yang didampingi kepala Disnakertrans Kaltara Armin Mustafa, kemarin (16/7).

Untuk perhelatannya tahun ini, terdata 16 perusahaan sudah mendaftar dan membuka lowongan pekerjaan. Total kebutuhan tenaga kerja sebanyak 152 orang untuk 41 lowongan jabatan. “Jumlah perusahaan dan kebutuhan tenaga kerja masih mungkin bertambah, karena Disnakertrans masih menerima pendaftaran perusahaan untuk berpartisipasi pada job fair hingga 23 Juli nanti,” jelas Irianto.

Jenjang pendidikan yang dibutuhkan, mulai dari sekolah dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA), Sekolah Menengah Umum (SMU), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Diploma III (D-III) dan sarjana. “Yang diprioritaskan, adalah warga Kaltara. Dan, untuk persyaratannya, saya kira para pencari kerja sudah tahu apa saja yang dibutuhkan. Untuk teknis pendaftaran, pencari kerja dapat berkomunikasi langsung dengan pihak perusahaan dimana ia mendaftar,” timpal Kepala Disnakertrans Kaltara, Armin Mustafa.

Sebagai informasi, job fair tahun lalu juga digelar di Tarakan. Tepatnya di Loka Latihan Kerja (LLK) Tarakan. Kala itu, ada 9 perusahaan yang membuka lowongan kerja dengan total 42 jabatan. Total pencari kerja yang menyertai job fair 2018 itu, mencapai 450 orang.