DPD Perhiptani Nunukan Harumkan Kaltara

id Perhiptani, Nunukan, Penghargaan

DPD Perhiptani Nunukan Harumkan Kaltara

Gambar Ilustrasi (humasprovkaltara)

Jakarta (ANTARA) - Dewan Pengurus Daerah Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (DPD PERHIPTANI) Kabupaten Nunukan dibawah asuhan Hj Rita Ratina Irianto Lambrie selaku ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perhiptani Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) berhasil meraih peringkat pertama kategori DPD terbaik 2019. Piagam penghargaan tersebut disampaikan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Perhiptani di Jakarta, Rabu (30/10) lalu.

Disebutkan Hj Rita, prestasi ini memberikan kebanggaan tersendiri bagi Perhiptani se-Kaltara. “Saya ucapkan selamat, sekaligus apresiasi kepada DPD Perhiptani Nunukan. Sangat diharapkan, prestasi ini akan melecut motivasi DPD Perhiptani kabupaten dan kota lainnya di Kaltara untuk mengikuti jejak DPD Perhiptani Nunukan yang dikenal solid dan aktif dalam memajukan lembaga serta anggotanya,” ungkapnya.

Pun demikian, diakui Hj Rita akan banyaknya persoalan yang menuntut perhatian penyuluh dalam upayanya mensejahterakan petani, pekebun dan nelayan. “Kemampuan untuk dapat berkoordinasi dan bekerjasama lintas sektoral, khususnya dengan OPD perlu ditingkatkan, sehingga para petani, pekebun dan nelayan tak melulu terfokus pada kegiatan on farm (berladang, berkebun dan memancing) saja. Namun, out farm (mengenal langsung pangsa pasar, menjalin kerjasama dengan pihak ketiga, dan hal lainnya) yang tentu dapat lebih mensejahterakan mereka,” tutur Hj Rita.

Lebih jauh, upaya untuk mensejahterakan petani, pekebun dan nelayan secara maksimal dapat direalisasikan. Lantasan, Kaltara ditunjang dengan potensi sumber daya alam yang mampu berdaya saing. “Kedepan, pekerjaan rumah (PR) kita adalah bagaimana menggali potensi sumber daya manusia Kaltara di bidang pertanian, perkebunan dan perikanan. Hal ini membutuhkan peran DPD Perhiptani di setiap kabupaten dan kota untuk aktif dan inovatif,” tutupnya.

Baca juga: Germas Provinsi Kaltara Raih Penghargaan

Baca juga: Kesbangpol Kaltara Raih Penghargaan Kemendagri

Baca juga: Berada di Atas Yogyakarta, Kaltara Kembali Raih Penghargaan IDI


Pewarta :
Uploader : Firsta Susan Ferdiany
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar