Penemu "copy-paste" Larry Tesler meninggal dunia

id Larry Tesler,Penemu copy paste

Penemu "copy-paste" Larry Tesler meninggal dunia

Larry Tesler

Jakarta (ANTARA) - Larry Tesler, ilmuwan komputer yang dikenal berkat temuan konsep salin-tempel atau"copy-paste", meninggal dunia pada Senin (17/2) lalu di usia 74 tahun.

Lawrence Gordon Tesler yang lahir pada 1945 silam menempuh pendidikan bidang komputer di Standford, dikutip dari laman The Verge.

Tesler semasa hidup pernah bergabung dengan berbagai perusahaan teknologi berkelas dunia, termasuk dengan Apple ketika masih di bawah kepimpinan Steve Jobs.

Temuannya yang kesohor, konsepcut,copydanpasteatau potong, salin, tempel, terjadi ketika dia berada di Xerox Palo Alto Research Center atau PARC pada 1973.

PARC terkenal berkat pengembangan antarmuka grafis yang dapat diakses dengan mouse komputer. Konsepcut, copydanpastedari Tesler kemudian menjadi salah satu bagian penting dalam penyuntingan teks di maupun keseluruhan sistem operasi komputer.

Usai berkarier di PARC, Tesler bergabung dengan Apple pada 1980 hingga 1997. Semasa di Apple, dia juga turut mengerjakan Macintosh, Lisa, QuickTime dan tablet Newton.

Lisa dan Macintosh merupakan komputer PC pertama yang mempopulerkancut, copydanpastebuatan Tesler.

Pada 1993, masih di Apple, Tesler menjabat sebagai pimpinan ilmuwan, salah satu posisi yang juga pernah dipegang oleh Steve Wozniak.

Selain Apple dan PARC, Tesler juga pernah bergabung dengan Amazon dan Yahoo. Tesler aktif sebagai konsultan user experience sejak 2009.

Baca juga:Intel gandeng MediaTek usung modem 5G komputer

Baca juga:Lenovo rilis lini ThinkCentre M90n-1 Nano, desktop terkecil di dunia

Baca juga:Rayakan ulang tahun, Google Doodle pajang komputer lawas
Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri