Kemenag Tarakan himbau pengurus Mesjid jaga kebersihan lingkungannya

id corona

Kemenag Tarakan himbau pengurus Mesjid jaga kebersihan lingkungannya

Pasien corona

Tarakan (ANTARA) - Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tarakan, Muhammad Shaberah menghimbau agar para pengurus Mesjid dan Mushala untuk selalu menjaga kebersihan guna menghindari terinfeksi virus Corona (Covid-19).

Hal tersebut terkait dengan surat Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Mesjid Indonesia (DMI),, M. Jusuf Kalla (JK)dengan nomor ; 041/PP-DMI/II/2020 tentang Himbauan Sanitasi Siaga Mesjid/Mushalla.

“Himbauan tersebut sangat baik untuk menjaga kebersihan di Mesjid/Mushala,” kata Shaberah saat dihubungi di Tarakan, Kamis.

Dijelaskannya dengan menjaga kebersihan di Mesjid/Mushala, maka jamaah yang menunaikan ibadah di Mesjid/Mushala tidak merasa khawatir dan tetap khusyuk.

Diharapkan himbauan yang disampaikan oleh DMI tersebut sebaiknya dilaksanakan oleh para pengurus Mesjid/Mushala serta jamaah.

Adapun himbauan untuk melakukan Sanitasi Siaga diantaranya teratur menjaga kebersihan lantai Mesjid/Mushala dengan cairan disinfektan, menjaga kebersihan karpet dan alas shalat lainnya dengan rutin/konstan.

Kemudian menjaga kebersihan tempat wudhu dan toilet dengan cairan disinfektan serta menghimbau para jamaah shalat agar membawa sajadah atau sapu tangan/kain bersih sendiri sebagai alas sujud masing – masing.
Baca juga: "hotline" 119 untuk COVID-19
Baca juga: IDI rekomendasikan perluas skrining COVID-19