Gaet pengusaha Mesir, pameran dagang RI transaksi Rp1,02 triliun

id Gaet pengusaha mesir,Pameran dagang virtual

Gaet pengusaha Mesir, pameran dagang RI transaksi Rp1,02 triliun

Pameran dagang RI gaet transaksi Rp1,02 triliun dari pengusaha Mesir

Jakarta (ANTARA) - Pameran perdagangan Indonesia secara virtual, Trade Expo Indonesia Virtual Exhibition (TEI-VE) 2020, menggaet transaksi bisnis sebesar 73 juta dolar AS atau sekitar Rp1,02 triliun (kurs Rp14.079) dari para pengusaha asal Mesir pada hari pertama eksibisi skala internasional tersebut.

"Meski pandemi, tidak mengecilkan semangatbuyerMesir melakukan pembelian produk Indonesia,"kata Kepala Perwakilan RI/Kuasa Usaha Ad Interim Kedutaan Besar RI di Kairo M Aji Surya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Baca juga:Lebihi target, Mendag sebut animo peserta Trade Expo Indonesia tinggi

Kesepakatan bisnis itu dilakukan melalui penandatanganan kontrak pembelian yang diadakan pada Selasa (10/11/2020).

Menurut dia, transaksi perdagangan tersebut mencakup beberapa produk unggulan Indonesia di antaranya manufakturseperti ban kendaraan senilai 30 juta dolar AS, sabun toilet 3 juta dolar AS dan produk biji kopi 40 juta dolar AS.

Dia menjelaskan transaksi tersebut dapat dicapai berkat upaya KBRI Kairo yang berkelanjutan melakukan pendekatan kepada pembeli tradisional maupun baru dan menyakini masih banyak harapan terjadi transaksi-transaksi perdagangan berbagai komoditas.

"Mesin diplomasi ekonomi kita tidak boleh kendor,"imbuh Aji.

Atase Perdagangan KBRI Kairo Irman Adi Purwanto Moefthi yang mendampingi pembeli Mesir melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) misi pembelian menjelaskan kehadiran pengusaha itu menegaskan loyalitas untuk mengimpor produk unggulan Indonesia.

"Tema TEI yang diusung tahun ini mengangkat upayasustainable trade in digital erauntuk mendorong keberlanjutan produk Indonesia dan promosi produk dalam negeri ke pasar Mesir dan sekitarnya,"ucapnya.

Sedangkan, Pelaksana Fungsi Ekonomi KBRI Kairo John Admiral menambahkan pameran dagang skala internasional secara virtual ini dapat dioptimalkan sebagai bentuk inovasi promosi di tengah pandemi.

Saat ini, lanjut dia, KBRI Kairo sedang menjajaki pengadaan tenaga kerja ke Mesir, termasuk untuk memenuhi permintaan perawat Indonesia di rumah sakit Mesir, tenaga ahli di bidang konstruksi, perikanan dan proyek-proyek pembangunan pemerintah Mesir lainnya.

Kementerian Perdagangan menggelar TEI-VE mulai 10-16 November 2020.

Pameran dagang terbesar Indonesia itu merupakan agenda rutin tahunan untuk mendongkrak ekspor Indonesia ke pasar internasional.

Pada TEIKe-35 ini, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto memasang target transaksi sebesar 1 miliar dolar AS atau sekitar Rp14 triliun (kurs Rp14.079).

Baca juga:KBRI promosikan 'Trade Expo Indonesia' Virtual 2020 di Pakistan
Baca juga:Trade Expo Indonesia 2020 bakal digelar secara virtual mulai November

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Kelik Dewanto