264 CPNS Terima SK

id Penyerahan, SK,CPNS, 2019

264 CPNS Terima SK

Penyerahan SK CPNS Formasi 2019 (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (ANTARA) - Dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan ketat untuk mencegah penularan Covid-19, Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie menyerahkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 Tahun Anggaran 2021, Rabu (27/01/2021). Penyerahan secara langsung dilaksanakan di Ruang Pertemuan Gedung Gabungan Dinas Pemprov Kaltara, dan juga diikuti secara virtual oleh para CPNS yang masih berada di luar Tanjung Selor.

Dalam pengarahannya, Gubernur menitip beberapa pesan penting. utamanya kepada para CPNS yang baru saja menerima SK pengangkatan. Salah satunya dengan bersyukur. “Yang paling penting saya pesankan kepada para CPNS, adalah luruskan niat anda. Luruskan niat untuk bekerja dengan baik, untuk kebaikan dan kemajuan Kaltara,” pesan Irianto kapada perwakilan CPNS yang menerima SK pengangkatan.

Dikatakan, para CPNS maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus memiliki sikap pantang penyerah, tidak mudah mengeluh, tegar dan kuat dalam setiap menghadapi segala tantangan. PNS juga harus disiplin, siap diuji, dan tidak malas. “Sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara), harus memegang sumpah janji. Sumpah janji diucapkan dengan atas nama Tuhan, Allah. Maka harus selalu diingat dan dijalankan. Maka dari itu, jalankan amanah dengan baik, sebagai abdi negara yang melayani,” ujarnya.

Pesan lain disampaikan Gubernur, PNS terutama CPNS yang baru, perlu terus belajar dan belajar. Juga rajin membaca dan memahami aturan. CPNS harus tahu hak dan kewajiban sebagai PNS. Dengan memahami aturan-aturan yang berlaku, dalam bekerja kita akan terarah, dan terhindar dari perbuatan yang melanggar.

Gubernur juga menyampaikan, agar para pegawai di lingkungan Pemprov Kaltara bekerja dengan penuh tanggungjawab. “Yang tak kalah penting perlu saya ingatkan, kita harus selalu mengingat mati. Artinya, dengan mengingat mati, kita akan berpikir baik saat melakukan pekerjaan. Dan harus dipahami, bahwa semua yang kita lakukan, harus kita pertanggungjawabkan. Bukan hanya di dunia, namun akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT,” tegasnya.

Irianto meyakini, dengan kemampuan para CPNS yang baru saja mendapatkan SK. Menurutnya, saat mengikuti seleksi peserta yang mendaftar begitu banyak. Bahkan mencapai ribuan orang. Sehingga 264 CPNS yang menerima SK ini adalah para peserta pilihan yang memiliki kapasitas dan kecakapan untuk bisa lulus. “Saya ucapkan selamat bergabung. sekarang anda semua sebagai bagian dari keluarga besar Pemprov Kaltara. Mengabdilah dengan seoptimal mungkin, penuh keikhlasan dan kesungguhan,” pesannya.

Untuk diketahui, ada sebanyak 264 CPNS yang menerima SK pengangkatan, dari 300 kuota formasi yang diberikan Pemerintah untuk Pemprov Kaltara. Para CPNS ini telah melalui tahapan yang cukup Panjang. Mulai dari SKD yang diikuti oleh 5.567 peserta pada akhir 2019 lalu. kemudian SKB yang diikuti sebanyak 2.228 peserta yang sebelumnya lulus SKD. Hingga akhirnya terseleksi 264 orang yang lolos sebagai CPNS yang sekarang ini menerima SK. Para CPNS yang menerima SK, selanjutnya akan mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) selama 52 hari kerja. Latsar sebagai penentu apakah CPNS yang sekarang baru 80 persen ini, bisa lolos atau tidak menjadi PNS 100 persen.