Semarakkan Hari Jadi Kaltara, DPK gelar lomba perpustakaan SMA/SMK

id Pemprov

Semarakkan Hari Jadi Kaltara, DPK gelar lomba perpustakaan SMA/SMK

Semarakkan Hari Jadi Kaltara, DPK gelar lomba perpustakaan SMA/SMK

Tanjung Selor (ANTARA) - Menyemarakkan Hari Jadi Kaltara ke-10 yang acara puncaknya pada 25 Oktober, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltara akan menyelenggarakan salah satu kegiatan berupa lomba perpustakaan tingkat SMA/SMK dengan total hadiah Rp10,5 juta.

Kepala Dinas DPK Ramli mengatakan lomba perpustakaan bertujuan untuk mendorong sekaligus merangsang pihak sekolah untuk selalu meningkatkan sarana dan prasarana serta pelayanan perpustakaan yang dimilikinya. Diharapkan keberadaannya mampu mewadahi para siswa untuk selalu melakukan aktivitas di perpustakaan yang nyaman.

“Keberadaan perpustakaan sekolah yang memadai diharapkan mampu mendukung siswa menjadi pribadi yang unggul dan cerdas secara intelektual. Sebab perpustakaan memegang peranan penting dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. Karenanya kita dorong pihak sekolah senantiasa memperbaharui fasilitas dan layanannya untuk memenuhi kebutuhan peserta didik nya sehingga menjadi sumber yang kredibel dan terpercaya untuk seluruh warga sekolah,”ujar Ramli, Senin (19/9).

Karena itu, lanjut Ramli salah satu persyaratan sekolah untuk bisa mengikuti lomba tersebut adalah telah terakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Perpustakaan, Perpustakaan Nasional (LAP-NAS). Ini dibuktikan dengan sertifikat akreditasi perpustakaan minimal berpredikat C yang masih berlaku.

Ramli menjelaskan tahapan lomba akan dimulai dengan pengiriman berkas yang akan dilaksanakan akhir September ini. Selanjutnya tim juri akan melakukan penilaian dan verifikasi berkas serta melakukan visitasi ke sekolah yang dinilai berpotensi juara.

“Terakhir tim juri akan melakukan rapat penentuan pemenang sehingga segera kita umumkan juaranya,”jelasnya.(dkisp)

Baca juga: Resmikan Pendopo Pakuwaja di Sebatik, Gubernur: Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung
Baca juga: Gubernur beri pembinaan pendidikan karakter bagi guru dan motivasi ratusan pelajar di Sebatik
Baca juga: MoU Kaltara-Telkom University, Pemprov fokus kembangkan IT
Baca juga: Penandatanganan PKS optimalkan pungutan pajak pusat dan daerah
Baca juga: Ini capaian investasi triwulan II 2022 di Kaltara