Pertama, Kaltara Semarakkan Hari UMKM

id Pemprov

Pertama, Kaltara Semarakkan Hari UMKM

Staf Ahli bidang Ekonomi, Pembangunan dan Hubungan Antar Lembaga Setda Kaltara, Ir. Wahyuni Nuzband, M.A.P menghadiri Festival UMKM di Lapangan Agatis beberapa waktu lalu.  (dkisp)

Tanjung Selor (ANTARA) - Beragam upaya dilakukan pemerintah guna mendorong ekosistem Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar semakin meningkat. Selain itu, pemerintah memberikan apresiasi terhadap keberadaan pelaku UMKM yang telah memberikan kontribusi terhadap ekonomi dan pembangunan di daerah.

Hal ini disampaikan Staf Ahli bidang Ekonomi, Pembangunan dan Hubungan Antar Lembaga Setda Kaltara, Ir. Wahyuni Nuzband, M.A.P mewakili Gubernur Kaltara pada pembukaan hari UMKM Nasional tingkat Provinsi Kaltara, Jumat (30/8).

Dalam sambutannya, Wahyuni menyampaikan atensinya meliputi pentingnya mengedepankan upaya integrasi kebijakan UMKM dari pemangku kepentingan, pentingnya digitalisasi di era revolusi 4.0, dan adanya konsolidasi desai Road Map dan Grand Desain.

"Adanya konsolidasi agar memudahkan kita melakukan sinergi, kolaborasi, hingga kerjasama antar seluruh pemangku kepentingan di dalam ekosistem UMKM yang ada di Bumi Benuanta," terangnya.

Ia mengharapkan dari kegiatan ini akan melahirkan wirausaha muda yang produktif dan koperasi modern yang berbasis digital. Hadir startup digital yang berkarakter dan agregator bisnis inovatif.

"Kunci sukses dari semua itu adalah sinergi dan kolaboratif," pesannya.

Selain itu, kepala Disperindagkop Kaltara Hasriyani, S.H., M.M mengatakan, kegiatan dengan tema UMKM Maju Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas adalah kegiatan yang pertama kalinya digelar di Kaltara, sehingga kedepannya ia mengharapkan adanya sinergitas dan kolaborasi di semua lintas sektoral untuk memberikan support dalam mencapai tujuan dari tema yang diusung.

Ia menyebutkan pada kegiatan yang digelar di Lapangan Agatis ini, ada 10 tenant UMKM yang telah disediakan untuk UMKM dari kabupaten kota se-Kaltara dan berbagai tenant lainnya.

"Ada 10 stand UMKM Kaltara yang mana produknya sudah dikonfigurasi. Di mana aspek legalitas dan produknya sudah layak dan beberapa ada yang sudah menembus pasar internasional," ungkapnya.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, sejak tanggal 30 Agustus-01 September. Hadir dalam kegiatan ini kepala dinas dan pejabat dilingkungan OPD Kaltara, perangkat daerah yang membidangi UMKM dari kabupaten/kota. (dkisp)

Baca juga: Kaltara Raih Penghargaan IPASN Tinggi, Gubernur Zainal Paliwang Apresiasi Kinerja ASN
Baca juga: Disdikbud Kaltara Kenalkan Budaya dengan Kompetisi Olahraga Tradisional