Pekan Daerah KTNA strategis bagi pengembangan pertanian Kaltara

id Pemprov

Pekan Daerah KTNA strategis bagi pengembangan pertanian Kaltara

Plh Asisten Bidang Perekonomian Dan Pembangunan, Sekretariat Daerah (Setda) Kaltara, Burhanuddin. ANTARA/HO-DKISP Kaltara

Tarakan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara menilai
Pekan Daerah ke III Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kaltara2025 strategis bagi pengembangan pada pertanian dan perikanan karena provinsi ke-34 itu memiliki potensi besar pada dua bidang tersebut.

"Sangat strategis bagi pengembangan dua sektor itu sehingga kita benar-benar mempersiapkan diri dengan baik agar pelaksanaan Pekan Daerah ke III Kontak Tani Nelayan Andalan Kaltara2025 lancar, "kata Plh Asisten Bidang Perekonomian Dan Pembangunan, Sekretariat Daerah (Setda) Kaltara, Burhanuddin di Tarakan, Selasa.

Jumlah pelaku usaha perikanan tangkap (nelayan) Kaltara 16.400 orang dengan kapal perikanan 11.117 unit.

Dari jumlah tersebut, sekitar 95,95 persen merupakan kapal nelayan kecil/tradisional dengan ukuran di bawah 5 GT yang beroperasi di daerah penangkapan 12 mil laut.

Sedangkan bidang pertanian,luas wilayah Kaltara mencapai 75.467 km persegi atau 7,5 juta hektare. Sedangkan hanya sekitar 12 ribu hektare (Ha) yang dimanfaatkan sebagai lahan pertanian.

"Kita bersyukur, bahwa KTNA hadir sebagai salah satu organisasi yang didirikan untuk mensejahterakan petani dan nelayan di Indonesia, berfokus pada pengembangan kapasitas, penyuluhan dan advokasi bagi para pelaku utama di sektor pertanian dan perikanan," kata.

Dia mengatakan KTNA dibentuk sebagai wadah komunikasi dan koordinasi antara petani, nelayan, serta pemerintah dan pihak – pihak pemangku kepentingan terkait.

Burhanuddin menjelaskan sektor pertanian berperan penting karena fungsinya sebagai sumber utama produksi pangan, menyumbang sebagian besar dari produk domestik bruto (PDB) di banyak negara, terutama negara berkembang.

Karena itu pemerintah daerah akan mendukung langkah – langkah strategis dan meningkatkan peran KTNA dalam mendukung pembangunan pertanian khususnya pertanian di bumi Benuanta.

“Mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk menyampaikan pesan – pesan positif dan memperkuat sinergi dalam setiap langkah yang diambil sesuai visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara yaitu Kaltara yang Berubah, Maju dan Sejahtera,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kaltara, Heri Rudiyono juga menyampaikan bahwa DPKP sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara, siap memberikan dukungan kepada KTNA Kaltara.

“Sekarang, para Pengurus KTNA itu ibaratkan membawa perahu KTNA untuk berlayar mengarungi samudera luas, dalam rangka menaikkan seluruh petani nelayan terangkut kapal KTNA menjadi petani nelayan sejahtera,” kata Heri.