Unit K9 Polda Kaltara Amankan debat Cagub-Cawagub di Tarakan

id Polda

Unit K9 Polda Kaltara Amankan debat Cagub-Cawagub di Tarakan

Unit K9 Direktorat Direktorat Samapta Polda Kalimantan Utara mengamankan debat pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara di Gedung Tarakan Art & Convention Center (TACC) di Tarakan, Rabu malam (9/10). (ANTARA/HO-Polda Kaltara)

Tarakan (ANTARA) - Unit K9 Direktorat Direktorat Samapta Polda Kalimantan Utara mengamankan debat pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara di Gedung Tarakan Art & Convention Center (TACC) di Tarakan, Rabu malam (9/10).

"Salah satu kegiatan kampanye adalah debat calon gubernur dan wakil gubernur yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 9 Oktober 2024 jam 20.00 - 22.00 WITA," kata Direktur Samapta Polda Kaltara, Kombes Pol Joko Heri Purwono.

Selain menempatkan petugas pengamanan, Direktorat Samapta Polda Kaltara melibatkan Unit K9 anjing pelacak handak ke lokasi debat tersebut.

Jumlah anjing pelacak handak yang dilibatkan pengamanan sebanyak satu ekor dan dua orang pawang.

"Anjing tersebut melakukan penyisiran didalam dan luar gedung TACC untuk mencari bahan peledak atau sejenisnya," kata Joko.

Kemampuan anjing pelacak handak berjenis Belgian Malinois ini sudah terlatih dan dibawa oleh pawang yang berpengalaman.

Selain melakukan penyisiran di sekitar gedung anjing pelacak ini juga melakukan penyisiran di sekitar parkir kendaraan bermotor sehingga lokasi pengamanan pada ring satu, dua dan tiga dapat dijamin aman dari bahan peledak.

Tugas anjing pelacak ini berjalan sejak dua jam sebelum acara dimulai sampai dengan acara debat selesai dilaksanakan.

"Kegiatan debat Cagub dan Cawagub Kaltara berjalan lancar dan aman dihadiri massa pendukung yang memenuhi ruang acara dan bagian depan gedung TACC," katanya.

Pada Pemilihan Gubernur - Wakil Gubernur Kaltara 2024 ada tiga paslon yakni nomor urut satu pasangan Brigjen TNI (Purn) Sulaiman - Adri Patton, pasangan nomor urut dua yakni Brigjen Pol (Purn) Zainal Arifin Paliwang - Ingkong Ala dan pasangan nomor urut tiga Yansen TP - Mayjen TNI (Purn) Suratno.
Baca juga: Pembukaan Assessment Uji Kompetensi Penyidik Polda Kaltara oleh Wakapolda
Baca juga: Kegiatan Asistensi Fungsi Keuangan dan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Anggaran 2024 Polda Kaltara