BPS Kaltara Akan Dibentuk

id ,

BPS Kaltara Akan Dibentuk

Sejak terbentuk jadi provinsi maka jumlah pertambahan penduduk dan pertumbuhan ekonomi Kaltara tinggi sehingga mendesak dibentuk BPS (Datiz)

Oleh Rifat Munisa


Tanjung Selor (Antara News Kaltara) - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bulungan Akmad Fikri menyatakan BPS Kaltara akan segera dibentuk.

"Tentu kita akan bentuk BPS untuk tingkat provinsi karena ini provinsi baru ya," kata Fikri kepada Antara, Selasa.

Namun, lanjut Fikri, untuk membentuk atau membangun BPS tingkat provinsi harus menunggu ditetapkannya gubernur defiitif.

Hal ini sangat sejalan dengan kondisi yang ada mengingat sembilan Desember mendatang digelar pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak. Dimana Kaltara akan memilih gubernur defintif setelah hampir 3 tahun terbentuk hanya dipimpin penjabat (pj) gubernur.

"Nanti setelah ditetapkan baru kita meminta ijin pembentukan sekaligus mengajukannya ke Kemendapan-RB," jelas Fikri yang sebelumnya menjabat Kepala BPS Kutai Barat itu.

Ia memaparkan proses usulan BPS provinsi pertama diajukan ke gubernur lalu dari gubernur menyampaikan ke BPS pusat sekaligus ke Kemenpan-RB.

:Kalau sudah dapat ijin dari Kemenpan, meskipun belum ada kantor, kita bisa menyewa, yang penting jika sudah ada penunjukkan pegawainya kita bisa langsung kerja dan mendata," ujar Fikri.