Waspada Cuaca Buruk

id Musim hujan Kaltara

Selain musim hujan, ancaman cuaca seperti kabut bisa membahayakan keselamatan transportasi, khususnya di sungai dan laut karena sebagain wilayah Kaltara adalah perairan.




Oleh M Rusman


Nunukan (Antaranews Kaltara) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengamati hujan deras di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara akan berlangsung hingga awal 2018.

Selain musim hujan, ancaman cuaca seperti kabut bisa membahayakan keselamatan transportasi, khususnya di sungai dan laut karena sebagain wilayah Kaltara adalah perairan.

Prakirawan BMKG Nunukan Taufik di Nunukan, Kamis membenarkan bahwa musim hujan dengan intensitas tinggi telah berlangsung sejak awal Desember 2017 hingga saat ini disertai angin kencang.

Hasil pengelolaan dan analisa data BMKG setempat diprediksi musim hujan dengan intensitas tinggi tersebut akan berlangsung hingga awal 2018. Bahkan musim hujan di daerah tersebut akan berlangsung hingga Pebruari 2018.

Hasil pengamatan dan analisa data melalui satelit ditemukan musim hujan dengan intensitas tinggi akan berlangsung hingga awal 2018

Ia menambahkan bahwa sesuai pengalaman kondisi cuaca di Kabupaten Nunukan musim kering masuk pada Maret 2018.

Terkait hal itu sehingga masyarakat setempat senantiasa waspada dan berhati-hati pada saat musim hujan dengan curah yang tinggi.

Berdasarkan data klimatologi, Taufik menyatakan, Kabupaten Nunukan saat ini memang berada pada musim basah dimana curah hujan sangat tinggi.

BMKG setempat menyarankan kepada warga yang berdomisili di wilayah pesisir pantai agar berhati-hati utamanya pada malam hari saat hujan karena disertai angin kencang.

Pewarta :
Editor: Iskandar Zulkarnaen
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar