Kadin Nunukan rancang bisnis UMKM berbasis teknologi digital

id UMKM nunukan

Oleh M Rusman

Nunukan, (Antaranews-Kaltara) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) merancang memajukan bisnis produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dengan memanfaatkan teknologi digital di Kabupaten Nunukan, Kaltara.

Hal ini dkemukakan, Ketua Kadin Nunukan, Irsan Humokor melalui sekretaris Bidang Organisasi dan Keanggotaan, Supriadi di Nunukan, Sabtu bahwa sudah saat pelaku UMKM menguasai dan memanfaatkan alat teknologi untuk memajukan usahanya.

Namun pemanfaatan teknologi belum mampu dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku usaha karena keterbatasan sumber daya manusia (SDM) sehingga keberadaan Kadin di Nunukan sepatutnya mengambil peran.

"Kadin Nunukan akan memajukan pengembangan bisnis UMKM ke depannya dengan melakukan pembinaan kepada pelakunya dengan memanfaatkan teknologi digital," imbuh dia saat sosialisasi di GOR Sei Sembilan Kelurahan Selisun.

Ia menyayangkan, apabila kemajuan teknologi ini tidak bisa dimanfaatkan dengan baik untuk memajukan pemasaran produk UMKM di daerah itu.

Padahal, kata Supriadi, kemajuan teknologi tersebut telah memberikan ruang kepada seluruh masyarakat khususnya pelaku UMKM dalam memasarkan produknya.

Supriadi menambahkan, setelah merambah pelaku UMKM seterusnya membantu pemerintah daerah dalam memanfaatkan teknologi digital tersebut.

Namun ke depannya, Kadin Nunukan masih terus merancang berbagai upaya dalam memajukan perekonomian masyarakat melalui pelaku usaha terlebih dahulu sebagai sentra ekonomi kerakyatan.
Pewarta :
Editor : Rusman
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar