Harapkan Tenaga Kerja Terserap Lebih Banyak

id Job, Fair, Pemprov, Kaltara

Harapkan Tenaga Kerja Terserap Lebih Banyak

JOB FAIR : Sekprov Kaltara, H Suriansyah membuka pelaksanaan job fair di STP, Universitas Borneo Tarakan, Kamis (25/7). (humasprovkaltara)

Tarakan (ANTARA) - Bertempat di Science Techno Park (STP), Universitas Borneo kota Tarakan (UBT) sedikitnya dua ratus pencari kerja memadati berlangsungnya pelaksanaan job fair. Mewakili Gubernur Kaltara, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltara, H Suriansyah hadir membuka agenda tersebut.

Didampingi Rektor UBT, Prof Adri Patton, Sekprov mengungkapkan, job fair ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah daerah untuk menekan angka pengangguran di Kaltara. “Pemerintah provinsi selain telah melaksanakan berbagai program pelatihan peningkatan kualitas SDM,kini bekerjasama dengan 26 perusahaan yang akan membuka sedikitnya 500 (lima ratus) lowongan pekerjaan dalam pelaksanaan job fair yang dilaksanakan dua hari,”tutur Suriansyah.

Lebih lanjut dikatakan agar masyarakat Kaltara khususnya warga Tarakan dapat memanfaatkan peluang dan momen ini untuk dapat menyalurkan bakat,kemampuan dan kompetensi profesional dalam dunia kerja. “Semoga apa yang diupayakan pemerintah dan pihak swasta ini mampu mendorong minat warga daerah untuk meningkatkan kualitas profesionalnya sehingga mampu berdaya saing,” imbuh Suriansyah.

Melihat angka tingkat pengangguran terbuka (TPT) Kaltara yang berada di angka 5,80 % per Februari 2019, Suriansyah optimis jika sedikit banyak angka pengangguran di Kaltara dapat ditekan. “Job fair ini hanya salah satu dari beberapa upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk dapat memberikan fasilitas lowongan pekerjaan kepada masyarakat. Selain job fair ada pula upaya pemberian pelatihan seperti pelatihan bengkel, instalasi listrik, make up, sehingga masyakat dapat memiliki keterampilan dasar untuk berwirausaha membuka lapangan pekerjaan baru,” jelasnya.

Baca juga: Gandeng Perusahaan, Pemprov Gelar Job Fair