BMKG: ada 12 hot spot menyebar di Kaltara

id hot spot

BMKG: ada 12 hot spot menyebar di Kaltara

Kabut asap menyelimuti Tanjung Selor, Bulungan pada hari Jumat (13/09/2019). ANTARA/Datu Iskandar Zulkarnain

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan ada 12 titik panas (hot spot) di Kalimantan Utara (Kaltara) kebanyakan menyebar di wilayah Bulungan.

"Jumlah titik hot spot di Kaltara berdasar data dari BMKG pusat sampai dengan sore ini ada 12 titik hot spot yang semuanya tersebar di Kabupaten Bulungan," kata Prakirawan BMKG Kaltara, Hermansyah saat dihubungi Antara dari Jakarta, Jumat.

Sedangkan untuk jarak pandang berdasar pengamatan stasiun BMKG Kaltara di Bandara Juwata, Tarakan sampai pada Jumat sore jarak pandang di wilayah Tarakan dan Nunukan sekitar tiga kilometer.

Dia menjelaskan mengenai layak tidaknya penerbangan di bandara Juwata tergantung keputusan masing - masing maskapai penerbangan.

"Sedangkan yang paling dekat jarak pandangnya yakni Berau sekitar 800 meter pada sore hari," kata Hermansyah.

Trend pergerakan asap di wilayah Kaltara diperkirakan bergerak dari arah barat daya
ke arah timur laut.

Masih adanya pantauan titik panas di wilayah Kaltara dan Kaltim menyebabkan potensi terjadinya sebaran asap dalam beberapa hari ke depan.

Konsentrasi sebaran asap yang cukup signifikan berada di wilayah Kabupaten Bulungan (Tanjung Selor dan sekitarnya), Kabupaten Tana Tidung,
dan Kota Tarakan.

Adanya sebaran asap juga menyebabkan penurunan jarak pandang mendatar di beberapa wilayah Kaltara yang mempengaruhi penerbangan dan aktivitas di laut.
Baca juga: Kabut asap Kaltara kian pekat
Baca juga: Kabut asap mulai selimuti kaltara

Pewarta :
Editor : Susylo Asmalyah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar