Polda Kaltara miliki ruang kendali deteksi "hot spot"

id Polda

Polda Kaltara miliki ruang kendali  deteksi "hot spot"

Kapolda Kaltara Irjen Pol Bambang Kristiyono dan Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang menandatangani Nota Kesepahaman tentang Pemanfaatan Ruang Kendali Polda Kaltara di Mapolda Kaltara di Tanjung Selor, Bulungan. ANTARA/HO - Humas Polda Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - epolisian Daerah Kalimantan Utara memiliki ruang kendali dengan aplikasi canggih, salah satunya adalah aplikasi Asap Digital yang mampu mendeteksi titik panas atau hot spot di wilayah Kaltara.

"Polda Kaltara memiliki sarana teknologi yang sangat canggih, kebetulan dibangun di Mako Polda Kaltara, namun untuk anggaran menggunakan uang negara," kata Kapolda Kaltara Irjen Pol Bambang Kristiyono di Tanjung Selor, Bulungan, Selasa.

Diharapkan dengan keberadaan fasilitas itu maka ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kaltara dapat diantisipasi dini.

Ancaman Karhutla setiap tahun pada saat kemarau semakin tinggi karena terkait semakin luas pembukaan lahan untuk berbagai aktifitas.

Saat ini, sebagian wilayah sudah memasuki musim kemarau, termasuk Kaltara sehingga perlu persiapan mengantisipasi ancaman tersebut.

Usai melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Polda Kaltara dengan Pemprov Kaltara tentang Pemanfaatan Ruang Kendali Polda Kaltara.

Dia mengatakan Pemprov Kaltara maupun Forkopimda Kaltara dapat memanfaatkannya bersama, sehingga kamtibmas dapat terjaga di wilayah Kaltara.

Selain itu, ruang kendali tersebut ada juga aplikasi yang mampu mendeteksi wajah, serta mampu mengkalkulasi jumlah kerumunan warga.

Adanya alat ini sehingga jika ada terjadi kontijensi (situasi yang diperkirakan akan segera terjadi)
sosial, bisa dapat di deteksi secara dini.

Bertempat di ruang Command Center Polda Kaltara, penandatangan ini juga disaksikan oleh Wakapolda Kaltara Brigjen Pol Erwin Zadma dan Irwasda Polda Kaltara Kombes Pol Yosi Hariyoso serta Pejabat Utama Polda Kaltara.

Sementara itu, Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang mengatakan sangat mengapresiasi atas kinerja dan kreatifitas Kapolda Kaltara.

“Saya sangat mengapresiasi kepada Kapolda Kaltara, belum setahun menjabat, namun banyak karya dan prestasi yang dicapai," kata Zainal.

Selain penandatangan nota kesepahaman, Kapolda Kaltara dan Gubernur Kaltara juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gereja Oikumene Polda Kaltara serta pembangunan Rusun Polda Kaltara dan meninjau langsung pembangunan Poliklinik Polda Kaltara.
Baca juga: Percepat Vaksinasi, Kapolri Tegaskan Siap Bekerja Sama dengan Semua Pihak
Baca juga: Kapolri Luncurkan Bantuan 1.000 Oksigen Konsentrator
Baca juga: Operasi Bina Kusuma Kayan 2021, warga diminta patuhi prokes
Pewarta :
Editor : Iskandar Zulkarnaen
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar