Mode busana di pelantikan Presiden

id Pelantikan presiden 2019,Busana pelantikan presiden

Mode busana di pelantikan Presiden

Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) berpose usai menerima sejumlah tamu negara di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2019) (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/aww/am.)

Jakarta (ANTARA) - Rangkaian busana dari sejumlah tamu undangan yang hadir dalam Sidang Paripurna MPR Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden cukup menyita perhatian masyarakat, tak terkecuali penggemar fesyen.

Menurut pengamat mode Syahmedi Dean saat dihubungi ANTARA pada Minggu, terdapat beberapa hal unik yang bisa dikulik melalui sisi fesyen, seperti adanya "gebrakan" baru dalam berbusana. Berikut ulasannya.

1. Kalung mutiara Iriana Jokowi

Selain busana kebaya dan batik istri Presiden terpilih, Iriana Jokowi yang menuai pujian warganet, pilihan aseksori ibu negara juga ikut menjadi sorotan.

"Ibu negara mengenakan kebaya kurung dengan detail, serta memakai kalung mutiara yang identik dengan kalung para politisi. Yang berbeda, kalung mutiara Bu Iriana ada ada mata kalungnya sehingga beda dari kalung mutiara pada umumnya," jelas Dean.

2. Kebaya Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani



Penampilan duo ibu-anak Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani juga menyita perhatian.

Ketua Umum PDI-P itu mengenakan kebaya sederhana berwarna putih dipadukan selendang transparan berwarna merah.

"Kebaya Megawati keren juga, beliau pakai kebaya kurung dan selendang transparan yang dikalungkan di badan sehingga ada dimensi," kata Dean yang juga seorang penulis buku itu.

Sementara sang putri, Puan Maharani mengenakan setelan kebaya berwarna toska yang sederhana namun terlihat modern.

"Puan tidak memakai selendang di kebayanya, dan terlihat modern. Dia decide untuk ngga pakai selendang merupakan gebrakan baru dalam mengebakan kebaya modern," ujarnya.

3. Jas Eko Patrio


Jas politisi PAN Eko Patrio menjadi salah satu sorotan Dean dalam Pelantikan Presiden kali ini. Menurutnya, kerah jas Eko memiliki tampilan baru dan unik.

"Eko mengenakan jas yang nggak pakai kelopak, mengarah ke atas dan menimpa kerah kemejanya. Dia satu-satunya anggota DPR yang kerahnya begitu," papar Dean.

4. Dasi Sandiaga Uno dan Farhan
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) bersama Sandiaga Uno tiba untuk menghadiri upacara pelantikan Presiden dan Wakil presiden periode 2019-2024 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)


Berbeda dari tamu pria yang mengenakan dasi berwarna hitam atau merah, Sandiaga Uno berani tampil beda dengan dasi berwarna salem yang lebih lembut.

"Sandiaga Uno satu-satunya yang pakai dasi pastel, membuatnya tampil seperti modern metropolitan man," kata Dean.

Dasi unik lainnya adalah milik pembawa acara sekaligus anggota DPR Farhan. Ia mengenakanskinny tieatau dasi yang memiliki ukuran lebih kecil.

"Skinny tiedipadukan dengan kerah kemejanya membuat Farhan terlihat lebih ramping dan menimbulkan kesan 'British'," pungkasnya.

Baca juga:Pelantikan presiden, warganet puji baju Iriana Jokowi
Baca juga:Makna batik "Tambal Pamiluto" yang dikenakan Iriana Jokowi
Baca juga:Pelantikan Presiden, siapa yang memiliki gaya terbaik?
Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri

Presiden Jokowi targetkan PDB 7 Triliun dan masuk 5 besar ekonomi dunia


00:00
00:00




COPYRIGHT © ANTARA 2019
Pewarta :
Editor : Iskandar Zulkarnaen
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar