Ini cara aplikasikan Whatsapp "dark mode"

id Whatsapp dark mode

Ini cara aplikasikan Whatsapp "dark mode"

Cara aplikasikan Whatsapp "dark mode"

Jakarta (ANTARA) - WhatsApp "dark mode" alias fitur mode gelap akhirnya hadir di aplikasi Android maupun iOS secara global, termasuk Indonesia.

Untuk mengaktifkan warna gelap murni di aplikasi Whatsapp, pengguna harus memperbarui versi WhatsApp terlebih dahulu.

Hanya pengguna Android 10 dan iOS13 yang dapat mengaktifkan mode gelap melalui pengaturan perangkat.

Pengguna dengan ponsel Android, WhatsApp yang sudah menyediakan pilihan tema antarmuka serba gelap versi 2.20.64, sementara untuk iOS versi 2.20.30.

Setelah memasang pembaruan aplikasi Whatsapp, pengguna bisa langsung mengaktifkan fitur ini di menu pengaturan, yakni "Settings" > "Chats" > dan "Theme".

Pada menu "Theme", klik pilihan " Dark" dan klik tombol "OK" untuk mengaktifkan.

Selain diaktifkan lewat aplikasi, pengguna dengan ponsel yang memiliki sistem operasi perangkatnya sudah Android 10 atau iOS 13 juga bisa mengaktifkan mode gelap lewat menu pengaturan ponsel.

Dalam keterangan tertulisnya, Rabu (4/3), Facebook mengatakan kehadiran mode gelap menjawab antusiasme dari masyarakat Indonesia yang telah menantikan fitur ini di aplikasi WhatsApp mereka.

Mode gelap untuk WhatsApp memberikan pengalaman baru dengan tampilan yang lebih segar. Lebih jauh, fitur ini dirancang untuk mengurangi ketegangan mata di lingkungan yang minim cahaya.

Menurut Google pada 2018, penggunaan mode gelap bisa mengurangi konsumsi baterai oleh aplikasi yang sedang berjalan di perangkat berlayar OLED.

Baca juga:WhatsApp mode gelap akhirnya meluncur di Android dan iOS

Baca juga:Hati-hati, tautan grup WhatsApp bisa muncul di pencarian Google

Baca juga:WhatsApp capai 2 miliar pengguna
Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri