Solidaritas negara-negara APT beri pesan penting kepada dunia

id Corona

Solidaritas negara-negara APT beri pesan penting kepada dunia

Menlu: Solidaritas negara-negara APT beri pesan penting kepada dunia

Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan solidaritas negara-negara ASEAN Plus Three (APT) dalam menangani pandemi COVID-19 bersama telah memberikan pesan penting bagi dunia.

"Secara singkat, hasil inti yang keluar dari KTT Khusus ASEAN dan APT kembali menunjukkan solidaritas kepemimpinannya, kesatuannya, bersama menangani COVID-19. Saya kira pesan ini penting tidak hanya bagi masyarakat negara anggota APT tapi juga kepada dunia," kata Menlu Retno dalam konferensi pers melalui video seusai mendampingi Presiden Joko Widodo mengikuti KTT Khusus APT secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Menlu mengatakan di tengah semua negara sibuk mengurusi tantangan dalam negeri, negara-negara APT terus menyalakan semangat kerja sama. Negara-negara APT, kata Menlu, telah menunjukkan kepemimpinan dan kesatuan dalam penanganan COVID-19.

"Selainstay unitekita juga tidak boleh merasa tenang pada saat nanti angka sudah menunjukkan penurunan. Kita juga berkomitmen untuk menghidupkan semua mekanisme yang sudah ada yang dimiliki APT sekaligus usulan baru seperti ASEAN Response Fund," ujar Menlu.

Baca juga:Presiden Jokowi: 3 negara mitra ASEAN jadi kunci untuk atasi COVID-19
Baca juga:Jokowi: APT jadi mekanisme solid hadapi berbagai tantangan di kawasan

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Mulyo Sunyoto