Ayo #dirumahaja, ini gerakan ringan pengganti olahraga di gym

id Olahraga di rumah,Corona

Ayo #dirumahaja, ini gerakan ringan pengganti olahraga di gym

#dirumahaja, gerakan ringan ini jadi pengganti olahraga di gym

Jakarta (ANTARA) - Kegiatan dipusat kebugaran,gym, terpaksa dihentikan sementara selama pandemi virus corona atau COVID-19 tapi bukan berarti harus berhenti berolahraga, Anda tetap bisa bugar meski hanya berada di rumah saja.

Walaupun Anda menerapkan karantina diri, kebugaran tetap bisa dijaga dengan berolahraga meski tidak datang ke gym. Melakukan beragam gerakan ringan sampai berat bisa dilakukan di rumah.

Menurut keterangan resmi Greenfields yang diterima Rabu, jika Anda tidak sempat meluangkan waktu 30 menit untuk berolahraga, lakukanlah beberapa gerakan ringan disela-sela pekerjaan rumah seperti plank sambil menunggu air mendidih untuk membuat teh atau kopi.

seperti dilansir dari hallosehat.com
Plank adalah salah satu olahraga yang efektifmenguatkan otot inti tubuhdanmembentuk perut sixpack. Sebenarnya, masih ada banyak lagi manfaat plank lainnya untuk kebugaran tubuh. Namun sayang, cukup banyak orang yang tidak kuat berlama-lama menahan posisi plank. Lantas, seperti apa, sih, teknik plank yang baik?

Plank (Hallosehat.com)


Apa saja manfaat plank?


1. Memperbaiki postur tubuh

Postur tubuh bungkuk umumnya disebabkan oleh otot inti tubuh yang lemah. Nah, menahan posisi plank membuatotot-otot bagian atas tubuh tertarik ke belakang dan turun. Dalam waktu bersamaan, plan akan mengoreksi tulang belakang yang bengkok sekaligus memperkuat daerah punggung atas dan bahu, leher, serta dada dan otot perut. Latihan plank juga melatih otot-otot di punggung bawah, pinggul, dan panggul sebagai pusat gravitasi yang lebih mantap.
Pada akhirnya, rutin plank dapat memberikan Andapostur tubuh yang lebih baik dan stabil. Postur yang baik membuat Anda tampak lebih tinggi dan ramping, yang menggenjot kepercayaan diri Anda secara keseluruhan. Terbiasa plank juga membuat Anda bisa duduk tegap tanpa dipaksakan sehingga tidak akan mudah kelelahan ketikaterlalu lama dudukdi depan laptop setiap hari.

2. Meningkatkan kelenturan tubuh

Otot-otot tubuh haruslah lentur dan fleksibel agar Anda bisa bebas bergerak seluwes mungkin tanpa merasa cepat lelah.Ya! Seremeh apa pun gerakan yang Anda buat, misalnya membungkuk untuk mengikat tali sepatu) akan sangatmenguras tenaga apabila otot inti tubuh Anda lemah atau tidak fleksibel. Hal ini pun nantinya akan memperbesar risiko cedera saat beraktivitas,kram kaki atau sakit punggung misalnya.
Rutin melakukan plank akan membangun otot inti yang lebih stabil dan kuat, tapi tetap fleksibel. Otot yang fleksibel dapat menstabilkan koordinasi tubuh sekaligus membuat jangkauan gerak yang lebih leluasa serta efisien. Otot tubuh yang lentur jugabekerja sebagai penahan benturan alami untuk sendi Anda, sehingga membantu mencegah risiko cedera dan mengurangi rasa sakit akibatcedera selama olahragaatau kegiatan fisik lainnya.

3. Memantapkan keseimbangan tubuh

Plank melatih Anda menahan satu posisi dalam waktu lama untuk memperkuat otot-otot bagian tengah tubuh, punggung bagian atas dan bahu, serta daerah panggul. Pada akhirnya, otot-otot inti yang kuat akan membantu menciptakan pusat gravitasi tubuh yang lebih stabil sehingga keseimbangan tubuh pun lebih mantap. Alhasil, Anda tidak mudah goyah atau jatuh saat berjalan juga terhindar dari cedera saat beraktivitas.

4. Mengencangkan perut

Sekitar 10 persen dari lemak tubuh mengendap di perut. Lemak perut (lemak viseral) adalah jenis lemak tubuh yang paling berbahaya.Kelebihan lemak di area ini terkait dengan berbagai masalah kesehatan serius, mulai dari penyakit hati, demensia, hingga kanker payudara.
Nah, perut rata dan kencang adalah manfaat plank lainnya yang bisa Anda dapatkan jika rutin melakukannya. Memiliki otot inti yang kuat dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme tubuh untuk membersihkan racun, penyerapan gizi, hingga pengaturan keseimbangan hormon yang lebih efisien. Kesemuanya berperan dalam menjaga kebugaran tubuh secara umum dan menunda prosespenuaan dini.
Pada akhirnya, inti tubuh yang kuat membuat Anda tampak dan merasa sehat serta bugar.

Cara menahan plank agar bisa bertahan lama

Sumber: Womenshealthmag.com (Modifikasi gerakan plank)
Semakin lama Anda mampu menahan posisi plank, akan semakin baik manfaatnya.Kunci utama agar Anda bisa menahan plank lebih lama adalah lakukan bertahap setiap hari. Jangan bernafsu untuk mencoba menahannya langsung dalam waktu lama, terlebih apabila Anda baru memulai mencoba plank.
Bagi pemula, cobalah menahannya dalam waktu singkat dulu. Misalnya 5 detik. Biasakan untuk coba menahan plank dalam 5 detik untuk seminggu pertama. Nah setiap kali selesai menahan plank selama 5 detik, rehat dulu sekitar 5 detik. Kemudian lanjutkan lagi posisi plank selama 5 detik. Ini terhitung sebagai 1 set. Coba selesaikan 3-6 set plank dalam satu kali sesi olahraga.
Setelah Anda mulai beradaptasi, tingkatkan jadi 10 detik per sekali plank untuk seminggu berikutnya. Terus tambahkan durasinya seiring waktu secara bertahap.
Selain memerhatikan durasi, perhatikan juga teknik dasarnya untuk mendapatkan manfaat plank yang lebih optimal:

Letakkan siku Anda di atas lantai dan letakan pergelangan tangan di depan, sejajar dengan siku.

Dengan tangan, dorong tubuh ke atas dengan posisi leher lurus. Sedangkan posisi kaki lurus ke belakang. Yang menempel pada lantai hanyalah ujung jari.

Pastikan badan lururs dengan mengencangkan otot perut. Tahan otot perut mengencang. Rasakan juga otot gluteal atau daerah pantat mengencang untuk menahan tubuh tetap lurus.

Tahan gerakan sambil terus bernapas dengan normal

Lakukan sesuai durasi yang mampu Anda lakukan.

Anda bisa menambahkan modifikasi gerakan plank lainnya seperti gambar di atas selain melakukan gerakan plank yang biasanya menghadap ke depan.

Womenshealthmag.com (Modifikasi gerakan plank)





Anda juga bisa squat (gerakanberulang dengan posisi jongkok 90 derajat kemudian berdiri)
di saat iklan TV muncul, waktu satu menit sudah lumayan untuk melakukan gerakan tersebut. Setelah selesaivideo calldengan klien atau rekan kantor, lakukan sedikit peregangan badan agar lebih rileks.

Untuk pagi hari, pasanglah lagu favorit yang bernuansa upbeat dan menarilah dengan intensif. Anda juga bisa mengajak anak-anak di rumah untuk ikut menari sebelum mereka mengikutivirtual class.

Tidak hanya gerakan kecil, Anda juga bisa memanfaatkan perlengkapan yang ada di rumah sebagai pengganti peralatan gym. Contohnya bicep curl, bisa diganti dengan galon kecil atau
wood chop dengan toples makanan.

Untuk melakukan gerakan shoulder pressdan lateral raise, Anda bisa menggunakan alat bantu minuman yang cukup berat.

Baca juga:Bakar kalori di rumah? Coba beberapa pekerjaan rumah berikut

Baca juga:Aplikasi-aplikasi populer selama #dirumahaja

Baca juga:Jaga energi dan suasana hati saat #dirumahaja
Pewarta: Maria Cicilia