Samsung Quantum 5G yang super canggih4

id Samsung super canggih,Quantum 5G

Samsung Quantum 5G yang super canggih4

Samsung hadirkan ponsel Quantum 5G yang super canggih

Jakarta (ANTARA) - Raksasa teknologi asal Korea Selatan Samsung bersama perusahaan telekomunikasi SK Telecom menghadirkan ponsel Quantum.

Saat ini bahkan komputer Quantum masih jarang dan mahal. Perangkat tersebut menggunakan fenomena fisika yang memungkinkan partikel berada di banyak negara pada saat bersamaan. Komputer Quantum menghasilkan angka acak yang membuat keamanannya hampir tidak dapat dipecahkan.

Samsung dan SK Telecom mengembangkan generator nomor acak kuantum dan memasukkannya ke dalamsmartphone. Ponsel tersebut dinamai Samsung Galaxy A Quantum, namun perangkat itu adalah Galaxy A71 5G yang diganti namanya dengan penambahanchipsetkuantum.

Baca juga:Samsung segera matikan fitur asisten S Voice

"Chipset generator angka acak kuantum membantu penggunasmartphonemenggunakan layanan tertentu dengan menghasilkan angka acak murni yang tidak dapat diprediksi dan tanpa pola," ujar SK Telecom, dikutip dari Phone Arena, Jumat.

Chipkuantum hanya berukuran 2,5x2,5mm dan menggunakan sumber cahaya LED untuk menghasilkan foton. Kemudian, sensor CMOS mendeteksi foton.

Jumlah foton yang terdeteksi dalam area sensor tertentu untuk waktu tertentu tidak dapat diprediksi, menurut hukum fisika. Sehingga, diperlukan generator nomor acak.

Baca juga:Samsung segera luncurkan Note versi "Lite"

Samsung Galaxy A Quantum bukan sekadargimmick. Ponsel ini mendukung beberapa layanan, yang memanfaatkan keamanan kuantum, di antaranya identifikasi pengguna dan pembayaran seluler.

SK Telecom berencana untuk memperluas ekosistem terkait sehingga keamanan kuantum dapat diterapkan ke lebih banyak layanan di masa depan.

Baca juga:Samsung Melatih Para Tenaga Ahli Iran

Saat ini, Galaxy A Quantum tersedia untukpre-orderdi Korea mulai 15 hingga 21 Mei, dengan penjualan resmi dimulai pada 22 Mei. Perangkat tersebut dibanderol dengan harga 649.000 won atau sekitar Rp7,9 juta.

Namun, tidak ada informasi mengenai kemungkinan rilis secara global. Meski begitu, Galaxy A Quantum merupakan langkah penting yang membawa teknologi komputasi kuantum ke perangkat konsumen.
Pewarta :Arindra Meodia

Editor :Feru Lantara