Sisa 6 hari, pemohon Kaltara Cerdas 2.388 Orang

id Pemohon, Kaltara, Cerdas

Sisa 6 hari, pemohon Kaltara Cerdas 2.388 Orang

Gambar Infografis (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (ANTARA) - Tenggat pendaftaran permohonan bantuan beasiswa Kaltara Cerdas 2020 tersisa 6 hari. Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Utara (Kaltara) Firmananur mengatakan, dari awal pembukaan pendaftara hingga Senin (30/11), jumlah berkas permohonan beasiswa yang masuk dalam website beasiswa.kaltaracerdas.id sebanyak 2.388 pemohon baik dari pelajar maupun mahasiswa yang berada di dalam atau luar daerah.

“Jumlah pemohon ini sesuai dengan data akumulatif yang diunggah oleh pemohon kedalam website Kaltara Cerdas 2020,” katanya.

Dari 2.388 pemohon itu, terdata mahasiswa umum yang menempuh pendidikan di luar Kaltara sebannyak 838 pemohon, dan mahasiswa umum dalam daerah Kaltara 1.202 pemohon.

“Jumlah mahasiswa umum yang mengajukan beasiswa ini dari kaetogori prestasi hingga kurang mampu baik jenjang diploma, S1 dam S2,” urainya.

Adapula mahasiswa program studi kesehatan yang sudah mengajukan sebanyak 294 pemohon baik dalam mupun luar Kaltara. “Untuk pelajar, yang sudah meng-upload dokumennya sebanyak 54 orang. Kami masih menunggu dan menghubungi kepala sekolah masing untuk meng-upload dokumen pelajar yang akan menerima beasiswa kaltara cerdas,” ungkapnya.

Pada Kaltara Cerdas 2020 juga diakomodir pelajar dari sekolah keagamaan. Ini lantaran, didalam surat keputusan Kaltara Cerdas 2020 disebutkan STLA dan sederajat sehingga MAN mendapatkan kuota. “Alhamdulillah kuota untuk sekolah keagamaan seperti MAN Tanjung Selor jalur prestasi 6 orang, tidak mampu 10 orang. Dan, untuk MAN Tarakan prestasi 6 orang, dan tidak mampu sebanyak 13 orang,” ulasnya.

Firman juga memastikan, meski kuota pemohon hingga akhir tenggat pendaftaran tak terpenuhi, panitia tetap akan mengikuti jadwal yang ada. “Tidak ada penambahan waktu, karena ini sudah sangat mepet waktunya. Untuk jumlah penerima tetap sesuai dengan SK yang diumumkan, sisa dana akan dikembalikan ke kas daerah. Dari itu, diharapkan para pemohon calon penerima beasiswa segera menginput dokumen persyaratannya,” tuturnya. Sebagai informasi, pendaftaran akan berakhir 6 Desember nanti. Dilanjutkan ke tahap verifikasi berkas pada 7 hingga 13 Desember. Lalu, penetapan penerima beasiswa diumumkan pada 14 Desember mendatang.