Dua dinas di Pemkot Tarakan dilebur, ratusan ASN dimutasi

id Mutasi

Dua dinas di Pemkot Tarakan dilebur, ratusan ASN dimutasi

Pelantikan Pejabat Struktural di Lingkungan Pemkot Tarakan, Jumat (1/1).  Antara/Susylo Asmalyah

Tarakan (ANTARA) - Sebanyak 534 Aparat Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Tarakan dimutasi dalam rangka penyesuaian organisasi dengan dileburnya dua dinas.

“Supaya ada semua cantolan anggarannya, karena kalau tidak (dilakukan) anggaran kita tidak disetujui Kementerian Dalam Negeri,” kata Wali Kota Tarakan, Khairul usai acara Pelantikan Pejabat Struktural di Lingkungan Pemkot Tarakan, Jumat.

Selain itu, penyesuaian yang dilaksanakan ini merupakan kesempatan untuk melakukan efisiensi di beberapa dinas, dimana ada dua dinas yang dilebur dengan mengabungkan dinas yang sudah ada. Kemudian ada satu dinas baru yang muncul yang memang masuk dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri).

Ada dinas baru di lingkungan Pemkot Tarakan sesuai dengan visi misi pembangunan di Tarakan untuk perikanan dalam arti luas itu menjadi suatu prioritas. Dinas Pemuda dan Olah Raga digabungkan dengan Dinas Pariwisata, kemudian Badan Pendapatan dan Retribusi Daerah (BPRD) gabungkan ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), kemudian satu dinas yang baru yakni Dinas Perikanan.

“Pertimbangannya tadi memang efisiensi organisasi yang berkaitan dengan mengurangi biaya operasional. Dinas yang menurut kita masih bisa digabungkan dengan dinas – dinas lain. Termasuk adanya beberapa Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang dilikuidasi.

Khairul menjelaskan bahwa semua ASN yang dimutasi tidak ada kehilangan jabatannya mulai dari pejabat eselon II, eselon III dan eselon IV semua ada jabatan, bahkan ada yang promosi dan tidak ada yang mengalami demosi.
Baca juga: Ini daftar 56 perwira tinggi yang dimutasi Panglima TNI