Hoaks! Jasa bantuan lolos SNMPTN

id SNMPTN

Hoaks! Jasa bantuan lolos SNMPTN

Hoaks! Jasa bantuan lolos SNMPTN

Jakarta (ANTARA) - Sebuah pesan beredar di media sosial serta aplikasi percakapan terkait seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

Pesan itu menawarkan jasa bantuan untuk lolos sebagai peserta seleksi PTN dan menyertakan nomor kontak yang bisa dihubungi.

Berikut isi pesan tersebut:
"Bagi yang ingin lulus dibantu lolos SNMPTN dan UBTK SNMPTN 2021 semua prodi dapat kami bantu. Segera hubungi kami untuk mendapatkan kuota kursi. Kelulusan terjamin 100%. Amanah. Minat dan serius dapat menghubungi wa kami 088770310057".

Lalu benarkah jasa bantuan bagi peserta seleksi PTN itu menjamin kelulusan?
Tangkapan layar pesan berisi penipuan jasa bantuan masuk perguran tinggi negeri. (Kominfo)



Penjelasan:
Akun media sosial resmi Lembaga Tes Masuk Perguran Tinggi (LTMPT) di Instagram dan di Twitter, menyatakan LTMPT dan perguruan tinggi negeri manapun tidak bekerja sama dengan perorangan atau instansi lain dalam penerimaan mahasiswa baru.

"Bila ada pihak yang menjanjikan dapat membantu diterima di PTN adalah tidak benar dan mohon waspada terhadap penipuan," demikian penjelasan akan tersebut.

Biaya pendaftaran serta penerimaan peserta yang lolos seleksi sudah diatur dalam Permendikbud terkait uang kuliah tunggal di masing-masing PTN.

LTMPT dan perguruan tinggi negeri tidak memungut biaya tambahan di luar ketentuan biaya pendaftaran dan/atau biaya pendidikan di PTN sesuai dengan uang kuliah tunggal.

Klaim: Jasa bantuan lolos SNMPTN
Rating: Disinformasi

Cek fakta: Denda tilang elektronik hingga Rp5 juta? Cek faktanya!

Cek fakta: Cek Fakta: Orang lebih rentan COVID-19 setelah divaksin? Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso

Pewarta :
Editor : Iskandar Zulkarnaen
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar