Tips mengatasi kutu pada hewan peliharaan

id Kutu kucing

Tips mengatasi kutu pada hewan peliharaan

Tips mengatasi kutu pada hewan peliharaan

Jakarta (ANTARA) - Kutu menjadi salah masalah bagi para pemilik hewan peliharaan seperti anjing dan kucing.

Tidak hanya berbahaya bagi si anak bulu, kehadiran kutu juga bisa berbahaya bagi manusia karena dapat menyebabkan masalah kulit.

Tentu menghilangkan kutu menjadi satu solusi agar hewan peliharaan kita tidak terancam oleh serangga yang berkembang biak dengan cepat itu.

Berikut beberapa tips yang dikumpulkan dari berbagai sumber untuk mengatasi kutu:

Baca juga: Bunuh kucing di pengering mesin cuci, pria Malaysia dibui 34 bulan

1.Hindari tempat lembap

Hindari membawa hewan peliharaan anda ke lokasi yang lembap dan hangat karena kutu yang menyerang hewan peliharaan tinggal di tempat yang lembap dan hangat.

Dokter Hewan Wendy King dari Klinik Hewan Spears Creek di Amerika Serikat mengatakan butuh waktu 36- 48 jam untuk kutu berkembang biak dan menyebar di tubuh anak bulu anda.

Sehingga mengurangi intesitas kegiatan di tempat lembap khususnya di luar ruangan akan lebih baik untuk menghindari potensi hewan peliharaan anda terkena kutu.

2.Cabut kutu menggunakan penjepit

Kesalahan umum yang ditemukan adalah para pemilik hewan peliharaan kerap memecahkan kutu dengan tangan dan langsung dilakukan saat kutu ditemukan di tubuh peliharaan kita.

Kutu yang dipecahkan langsung menggunakan tangan dapat berpotensi menyebar ke tubuh hewan jika anda tidak menghilangkan bagian kepala kutu dengan benar dan itu yang menjadikan kutu lebih berbahaya.

Cara terbaik menyingkirkan kutu adalah dengan mengambilnya dengan penjepit dan langsung membuangnya lewat saluran toilet.

Dengan cara itu penyebaran kutu dapat dihentikan.

3.Pengobatan medis

Jika kutu sudah menyebar, cara mengatasinya adalah dengan pengobatan medis.

Ada dua jenis pengobatan medis yang bisa diaplikasikan langsung ke bagian tubuh anak bulu yang berkutu atau pun dengan meminum obat khusus.

“Saya lebih menyarankan obat khusus yang diresepkan dokter, karena saat kutu mengigit bagian tubuh hewan peliharaan kita kutu- kutu itu mati secara instan,” kata Wendy.

4.Mandikan anak bulu dengan sampo khusus Memandikan hewan peliharaan juga dapat mengatasi kemunculan kutu yang merupakan serangga parasit itu.

Mandikan dengan air hangat dan pastikan sampo itu terbilas dengan bersih dan disisir dengan rapih dengan sisir bergigi rapat untuk memastikan tak ada kutu yang tersisa.

Baca juga: Kafe kucing di Dubai untuk lepas stres, juga tempat adopsi anak bulu

Baca juga: Solusi untuk pemilik "anak bulu" yang malas repot beli makanan

Baca juga: Whiskas kampanyekan adopsi kucing di Hari Valentine

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu



Pewarta :
Editor : Iskandar Zulkarnaen
COPYRIGHT © ANTARA 2021