Pangeran Philip suami Ratu Inggris Elizabeth meninggal pada usia 99

id Pangeran philip,Ratu inggris

Pangeran Philip suami Ratu Inggris Elizabeth meninggal pada usia 99

Pangeran Philip suami Ratu Inggris Elizabeth meninggal pada usia 99

Jakarta (ANTARA) - Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth dan tokoh terkemuka dalam keluarga kerajaan Inggris selama hampir tujuh dekade, meninggal dunia pada usia 99 tahun, kata Istana Buckingham pada Jumat.

Duke of Edinburgh, begitu Philip dikenal secara resmi, telah mendampingi istrinya --Ratu Elizabeth-- selama 69 tahun pemerintahannya, masa yang terpanjang dalam sejarah Inggris.

Selama waktu itu, Pangeran Philip memiliki reputasi sikap yang keras, tanpa basa-basi, dan kecenderungan untuk sesekali membuat kesalahan.

"Dengan kesedihan yang mendalam, Yang Mulia Ratu mengumumkan kematian suami tercintanya, Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh," kata pihak Istana Buckingham dalam pernyataan.

"Yang Mulia meninggal dengan damai pagi ini di Kastil Windsor. Pengumuman lebih lanjut akan disampaikan pada waktunya. Keluarga Kerajaan bergabung dengan orang-orang di seluruh dunia yang berduka atas kepergiannya," bunyi pernyataan istana kerajaan Inggris itu.

Philip, yang merupakan seorang pangeran Yunani, menikahi Elizabeth pada 1947 dan memainkan peran kunci dalam memodernisasi monarki dalam periode pasca-Perang Dunia Kedua.

Di balik tembok Istana Buckingham, Philip menjadi satu-satunya tokoh kunci yang dapat dipercaya dan dipercayai oleh ratu.

"Dia, secara sederhana, telah menjadi kekuatan saya dan bertahan selama ini," kata Elizabeth dalam penghormatan pribadi yang langka kepada Pangeran Philip. Gambaran soal suaminya itu ia ungkapkan dalam pidato menandai ulang tahun pernikahan ke-50 mereka pada 1997.

Sumber: Reuters


Baca juga: Sebulan diopname, Pangeran Philip kembali ke rumah

Baca juga: Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip rayakan 73 tahun pernikahan

Baca juga: Pangeran Philip dari Inggris serahkan SIM setelah tabrakan


Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga Editor: Tia Mutiasari