Kaltara terbaik pertama Standar Pelayanan Minimal Award 2023

id Pemprov

Kaltara terbaik pertama Standar Pelayanan Minimal Award 2023

Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Kaltara Taufik Hidayat menghadiri acara penghargaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Award 2023 di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (21/3). ANTARA/HO-DKISP Provinsi Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Provinsi Kalimantan Utara meraih terbaik pertama Standar Pelayanan Minimal (SPM) Award 2023 dan disusul Jawa Barat juara kedua, serta Sumatera Barat juara ketiga.

"Kita bersyukur atas penghargaan ini, menunjukkan prestasi kerja yang baik dalam pelayanan," kata Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Kaltara Taufik Hidayat di Jakarta, Selasa.

Ia menghadiri acara penghargaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Award 2023 di Hotel Bidakara, Jakarta, hari ini (21/3).

Pada 2022, beberapa Provinsi masuk dalam nominasi terbaik dalam menerapkan SPM tahun anggaran 2022 di antaranya, Kaltara, Jawa Barat, Sumatera Barat, Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan.

Sedangkan tiga provinsi terbaik, Kaltara sebagai juara pertama, disusul Jawa Barat juara kedua, dan Sumatera Barat juara ketiga.

Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri), John Wempi Wetipomembuka sekaligus memberikan penghargaan SPM Awards 2023 kepada para pemenang.

Urusan pemerintahan yang wajib tersebut, yakni berhak diperoleh setiap warga negara secara minimal di antaranya pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, perumahan rakyat, ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat dan sosial.

SPM ditetapkan dan diterapkan berdasarkan prinsip anraralain, kesesuaian kewenangan, ketersediaan, keterjangkauan, kesinambungan, dan ketepatan sasaran.

"Apalagi, mereka berhadapan langsung dengan masyarakat dalam hal pemenuhan pelayanan dasar," ujarnya.

Sementara Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Restuardy Daud mengatakan bahwa tujuan diadakan SPM Awards 2023 ini untuk meningkatkan komitmen Kepala Daerah dalam menjalankan urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar dan mendorong penerapan SPM di daerah dilaksanakan secara optimal.

Indikator yang menjadi penilaian SPM Awards 2023, yakni Indeks pencapaian SPM (IP-SPM), komitmen anggaran penerapan SPM, dan pelaksanaan sesuai dengan tahapan-tahapan dalam penerapan SPM.

Indikator lain, yakni pembentukan dan keaktifan tim penerapan SPM dan Kualitas serta ketaatan terhadap pelaporan SPM secara triwulanpada aplikasi pelaporan SPM berbasis web (e-SPM).

Kegiatan SPM Awards 2023 dihadiri oleh sejumlah Kementerian/Lembaga (K/L) dan sejumlah Pemerintah Daerah se-Indonesia.

SPM Awards 2023 merupakan bentuk penghargaan yang diberikan Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Ditjen Bina Pembangunan Daerah kepada Pemerintah Daerah yang berkinerja terbaik, dalam menerapkan SPM kepada tiga provinsi, tiga kabupaten dan tiga kota se-Indonesia.