Kabupaten Bulungan pertahankan status juara umum MTQ Provinsi Kaltara

id MTQ Kaltara 2023,Tarakan, MTQ,Tana Tidung

Kabupaten Bulungan pertahankan status juara umum MTQ Provinsi Kaltara

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Bulungan, Jamaluddin Saleh (dua kanan) mengangkat piala bergilir MTQ Kaltara pada penutupan MTQ KE-VIII Provinsi Kaltara 2023 di Islamic Centre Baitul Izzah, KOta Tarakan, Kamis (22/6/2023) malam. (Muh. Arfan)

Tanjung Selor (ANTARA) - Kabupaten Bulungan mempertahankan status juara umum pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-VIII Tingkat Provinsi Kaltara 2023, yang resmi ditutup di Kota Tarakan, Kamis (22/6/2023).

"Berdasarkan daftar perolehan poin kabupaten/kota, memutuskan dan menetapkan juara umum MTQ Provinsi Kaltara 2023 kepada Kabupaten Bulungan," kata Ketua Dewan Hakim MTQ VIII Tingkat Provinsi Kaltara, H. Basmar di Tarakan, Kamis.

Kafilah Kabupaten Bulungan menyamai raihan pada MTQ 2022 atau berstatus sebagai juara bertahan. Kabupaten Bulungan berhak atas piala bergilir MTQ Kaltara.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Kaltara, Datu Iqro Ramadhan mengatakan hasil MTQ ini bukan akhir kejuaraan. Melainkan sebagai awal persiapan Provinsi Kaltara menghadapi Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional pada Oktober 2023 di Provinsi Jambi.

Dia menegaskan, LPTQ Kaltara terus mendorong dan mengutamakan anak-anak muda terbaik Kaltara mewakili provinsi ini perlombaan tingkat Nasional.

"Karena ini akan memberi pengalaman kepada anak-anak Kaltara bertanding di level Nasional," tutur dia.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kaltara, H. Saifi mengatakan pelaksanaan MTQ VIII 2023 Provinsi Kaltara telah berjalan baik dan lancar. Ia menyebut ajang ini sebagai wahana memacu pengembangan tilawah dan peningkatan pemahaman Quran, dan syiar Islam.

"Selamat kepada peserta yang meraih juara dan akan mewakili Kaltara ke ajang Nasional di Jambi, dan bagi belum meraih juara jangan berkecil hati, tetaplah berlatih," kata H. Saifi.

Kanwil Kemenag Kaltara berterima kasih kepada Pemkot dan masyarakat Tarakan telah menjadi tuan rumah yang baik sepanjang penyelenggaraan MTQ VIII.

"Terima kasih juga kepada para dewan hakim, panitia, peserta kafilah, dan seluruh pihak atas suksesnya MTQ ini," tambah Kakanwil Kemenag Kaltara.

Tana Tidung TumahRumah MTQ2024

MTQ Ke-VIII Tingkat Provinsi Kaltara 2023 resmi ditutup oleh Wakil Gubernur (Wagub) Yansen RP, ditandai dengan menabuh bedug raksasa di Masjid Baitul Izzah Islamic Centre Kota Tarakan, Kamis (22/6/2023) malam.

Penutupan ini sekaligus menetapkan Kabupaten Tana Tidung menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ Ke-IX Provinsi Kaltara atau 2024 mendatang.

Pada penutupan MTQ ini, Wagub Kaltara mengalungkan medali satu per satu kepada seluruh peraih juara dilanjutkan pemberian sertifikat juara oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kaltara, H. Saifi.

Wagub pada pidatonya menyampaikan titel juara lomba MTQ tingkat provinsi ini hanya pemantik semangat untuk terus mendalami ilmu dalam Al-Quran.

"Karena itu, meski semua peserta di sini bermusabaqah, namun inti utama lomba ini adalah silaturahmi dan persaudaraan," ujarnya.

Ia mengatakan, tujuan utama ajang MTQ adalah seluruh peserta menjadi contoh bagi keluarga dan masyarakat untuk menyebarkan ajaran kebaikan Islam, sebab Al-Quran sumber petunjuk hidup yang aktual sepanjang masa dan berisi nilai luhur universal.