Pemprov Kaltara segera serahkan puluhan alat pertanian

id Pemprov

Pemprov Kaltara segera serahkan puluhan alat pertanian

Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang saat bersama petani di Malinau. ANTARA/HO-DKISP Provinsi Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kaltara dijadwalkan segera menyerahkan puluhan alat bertanian jenis traktor tangan dan alat semprot.

"Alat pertanian itu mencakup 4handtractor atau traktor tangan dan 75hand sprayeratau alat semprot yang segera dibagikan kepada beberapa kelompok tani yang ada di Kaltara," Kepala Bidang Sarana-Prasarana DPKP Kaltara Ramdhani di Tanjung Selor, Bulungan, Selasa.

Dia mengatakan saat ini bantuan alat tani yang dimaksudkan sudah berada di kantor DPKP Kaltara dan tinggal menunggu jadwal penyerahannya.

“Semua alatnya sudah ada di kantor kita, tinggal kita buatkan jadwal yang tepat untuk penyerahannya dan kemungkinan akhir bulan ini atau Agustus nanti baru bisa kita serah terimakepada kelompok tani,” kata Ramdhani.

Bantuan peralatan tani ini diserahkan ke beberapa kelompok tani dan puluhan petani sebagai penerimanya.

Diharapkannya dengan bantuan itu dapat menunjang produktivitas hasil pertanian di Kaltara.

“Untukhandtraktor ada empat kelompok tani yang akan menerima dan untukhand sprayerakan kita berikan ke masing-masing petani dapat satuhand sprayer,” ujarnya.

Selain bantuan alat pertanian, di tahun 2023 ini juga ada tiga program bantuan jalan usaha tani dari DPKP Kaltara, dua jalan usaha tani di Kabupaten Bulungan dan satu jalan usaha tani di Kabupaten Malinau.

Hadirnya Jalan usaha tani ini juga nantinya diharapkan mempermudah para petani dalam mengeluarkan hasil panen pertanian.

“Programnya sudah berjalan dan saat ini masih proses pengerjaan dan jika nanti sudah selesai maka akan kita resmikan bersama Gubernur Kaltara, DPRD Kaltara dan pejabat daerah setempat,” kata Ramdhani.

Dia mengatakan beberapa program yang disebutkan semuanya dijalankan dengan menggunakan APBD Pemprov Kaltara, sehingga diharapkan program tersebut benar-benar bermanfaat bagi para petani Kaltara.