MUI Tarakan Memanfaatkan TI Untuk Media Dakwah

id Pemkot

MUI Tarakan Memanfaatkan TI Untuk Media Dakwah

Wali Kota Tarakan, Khairul (tengah) pada saat menghadiri pelatihan pemanfaatan TI untuk media dakwah yang diselenggarakan oleh MUI Kota Tarakan, Minggu (29/10). ANTARA/HO-Humas Pemkot Tarakan.

Tarakan (ANTARA) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tarakan memanfaatkan teknologi informasi (TI) untuk media dakwah serta menguatkan literasi digital di lingkungan umat Islam.

"Hal ini dimaksudkan untuk menguatkan literasi digital di lingkungan umat Islam sehingga tidak terpapar oleh hoax dan mampu berinteraksi di ruang digital secara sehat dan mencerdaskan," kata Ketua MUI Kota Tarakan K.H. Muhammad Anas di Tarakan, Minggu pada pelatihan pemanfaatan TI untuk media dakwah yang diselenggarakan oleh MUI Kota Tarakan.

Kegiatan bertemakan “Peran Strategis Media Digital dalam Dakwah Ulama menuju Pemilu 2024 yang Aman dan Damai” ini diikuti oleh berbagai perwakilan ormas Islam dan admin media sosial takmir Mesjid.

Dilaksanakannya kegiatan tersebut merupakan bentuk realisasi MUI atas dukungan yang telah diberikan Pemkot Tarakan.

"Dukungan yang diberikan dimanfaatkan MUI antara lain untuk membantu fasilitasi sertifikasi halal bagi UMKM, safari shalat berjamaah untuk menjalin ukhuwah dan kegiatan pelatihan pemanfaatan media digital,” kata Anas.

Wali Kota Tarakan Khairul yang hadir menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sangat penting untuk membangun masyarakat.

"Hal ini telah dicontohkan Rasulullah pada masa lalu ketika memulai membangun peradaban melalui rumah-rumah ibadah,” kata Khairul.

Dia menambahkan literasi bermedia sosial masyarakat yang masih perlu mendapat perhatian saat menjelang Pemilu.

"Apalagi ini jelang Pemilu 2024
pasti ada perbedaan dan hal ini merupakan sunatullah, sehingga perlu kecerdasan dan kedewasaan untuk menyikapinya dengan mengedepankan ukhuwah," katanya.

Dia berharap agar kegiatan ini dapat mencerdaskan kemampuan bermedia digital, dan takmir masjid dapat terus menjaga kondusivitas di rumah ibadah.
Baca juga: Wali Kota Apresiasi MUI Tarakan Memberi Bimtek Cara Sembelih Halal
Baca juga: Buka Rakorda MUI se-Kaltara, Gubernur: Bersinergi wujudkan kesejahteraan umat