Pemprov Kaltara bimtekkewaspadaan dini pelaksanaan pemilu

id Pemprov

Pemprov Kaltara bimtekkewaspadaan dini pelaksanaan pemilu

Plt. Kepala Badan Kesbangpol Kaltara Iskandar saat Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaporan Situasi Harian Daerah Bagi Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat se-Kalimantan Utara di Tanjung Selor, Bulungan ANTARA/HO-DKISP Provinsi Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangol) Provinsi Kalimantan Utara meningkatkan kewaspadaandini dalam menghadapi Pemilu tahun ini.

"Salah satu upaya kita, yakni menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaporan Situasi Harian Daerah Bagi Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat se-Kalimantan Utara di Hotel Grand Pangeran Khar,"kata Plt. Kepala Badan Kesbangpol Kaltara Iskandar di Tanjung Selor, Bulungan, Rabu.

Hal itu, katanya agar Selasa agar pelaksanaan Pemilu dapat berjalan dengan tertib dan aman.

"Pemprov Kaltara berkomitmen penuh agar pelaksanaan Pemilu serta Pilkada 2024 ini berjalan dengan damai dan lancar," kata dia

Iskandar mengungkapkan peserta yang hadir terdiri dari pemerintah daerah dan forum kewaspadaan dini masyarakat se-Kaltara.

“Agar Pemilu dan Pilkada 2024 ini berjalan dengan tertib dan damai, diperlukan pencegahan serta deteksi dini terhadap gangguan yang dapat menghambat pelaksanaan pemilu,” katanya.

Dengan digelarnya Bimtek ini, para peserta diharapkan berperan aktif meningkatkan kewaspadaan dini di masyarakat.

“Maka dengan dilaksanakannya kegiatan Bimtek yang menghadirkan berbagai narasumber ini para peserta dapat berkomitmen serta berperan aktif melaksanakan pencegahan dini gangguan di daerah,” kata Iskandar.

Karena itu, ia berharap tim kewaspadaan dini di daerah agar memahami tugasnya untuk mencegah potensi gangguan sesuai undang-undang yang berlaku, sehingga pelaksanaan Pemilu dan pilkada 2024 ini dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar.