Kodim Tarakan Terus Mengamankan Rekapitulasi Perhitungan Suara

id Pemprov

Kodim Tarakan Terus Mengamankan Rekapitulasi Perhitungan Suara

Personel Kodim 0907/Tarakan dan Polres Tarakan terus mengamankan pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Pemilu di Tarakan. (ANTARA/HO-Pendim Tarakan).

Tarakan (ANTARA) - Personel Kodim 0907/Tarakan dan Polres Tarakan terus mengamankan pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat kecamatan.

"Kehadiran personel TNI-Polri dalam rapat pleno tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memastikan transparansi, keadilan dan keamanan dalam proses demokrasi," kata Dandim 0907/Trk Letkol Kav Jhon B.C.Simarmata di Tarakan, Minggu.

Terutama dalam konteks penghitungan suara yang merupakan tahapan krusial dalam Pemilu.

Tindakan tersebut diambil sebagai langkah antisipasi terhadap kemungkinan munculnya masalah dalam perhitungan suara di PPK tingkat Kecamatan.

Dia menambahkan bahwa selain memastikan keamanan, personel TNI-Polri juga berperan dalam memastikan kelancaran proses penghitungan suara.

"Mereka membantu dalam pengawasan serta menanggulangi potensi masalah yang mungkin muncul, seperti kecurangan atau ketidakadilan dalam perhitungan suara," kata Jhon.

Dia mengatakan langkah-langkah preventif seperti ini menjadi penting mengingat pentingnya integritas dan kepercayaan publik dalam proses demokrasi.

Dengan adanya keterlibatan personel TNI - Polri ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap keabsahan hasil pemilu di tingkat kecamatan.
Baca juga: Gubernur Kaltara puji pelayanan petugas TPS
Baca juga: Kapolda Kaltara dan Danrem 092/Maharajalila Meninjau Lapas Tarakan