Pemkot Tarakan Kerjasama Dengan Pelindo Petikemas Pemanfaatan Lapangan

id Pemkot

Pemkot Tarakan Kerjasama Dengan Pelindo Petikemas Pemanfaatan Lapangan

Wali Kota Tarakan Khairul saat penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara PT. Pelindo Terminal Petikemas Cabang TPK Tarakan dengan Pemerintah Kota Tarakan yang dilaksanakan di Ruang Nusantara I, lantai 22, Kantor PT. Pelindo Peti Kemas, Pelindo Place Tower, Surabaya, Senin (26/2). (ANTARA/HO-Humas Pemkot Tarakan).

Tarakan (ANTARA) - Pemerintah Kota Tarakan bekerjasama dengan PT. Pelindo Terminal Petikemas Cabang TPK Tarakan tentang pemanfaatan dan pengoperasian lapangan penumpukan petikemas di Terminal Petikemas Tarakan.

"Perjanjian kerjasama ini menjadi bukti nyata kolaborasi antara sektor industri dan jasa dengan pemerintah daerah," kata Wali Kota Tarakan Khairul di Surabaya, Senin.

Saat penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara PT. Pelindo Terminal Petikemas Cabang TPK Tarakan dengan Pemerintah Kota Tarakan yang dilaksanakan di Ruang Nusantara I, lantai 22, Kantor PT. Pelindo Peti Kemas, Pelindo Place Tower, Surabaya.

Kerjasama tersebut diharapkan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat Kota Tarakan, yang merupakan pusat perdagangan dan jasa di Kalimantan Utara.

Wali Kota mengatakan pengembangan peti kemas di Tarakan sangat luar biasa dan sudah cukup baik.

Salah satu harapan Tarakan adalah bisa mengirim peti kemas langsung ke luar negeri.

"Pabrik kertas di Tarakan merupakan salah satu peluang yang bisa meningkatkan penggunaan peti kemas ini," kata Khairul.

Masuknya banyak investor ke Tarakan merupakan peningkatan bagi perekonomian.

Dengan 0.03 persen luasnya di Kaltara, pertumbuhan penduduk yang padat di Tarakan kini berjumlah kurang lebih 300.000 jiwa,

Hal ini menunjukkan pertumbuhan yang baik di semua sektor untuk Kota Tarakan dan Kaltara.

“Tarakan akan selalu mendukung PT Pelindo Petikemas untuk mengembangkan pertumbuhan di Tarakan, yang memiliki pertumbuhan ekonomi sebesar 6,23 persen, angka yang lebih tinggi dari rata-rata di Indonesia," katanya.

PT Pelindo Petikemas meningkatkan kapasitas peti kemas untuk masa depan yang lebih baik.

Penandatanganan perjanjian kerjasama berlaku mulai 1 Januari 2024 hingga 31 Desember 2025, dengan luas penumpukan peti kemas sebesar 4.000 meter persegi.

Adapun upaya Pemkot Tarakan untuk mendukung PT Pelindo Petikemas dengan membangun dermaga di sebelah kiri Malundung yang diharapkan dapat terwujud.
Baca juga: Pelindo Regional IV tingkatkan pelayanan jelang Natal di perbatasan
Baca juga: Rekor MURI Warnai Puncak Kegiatan Hari Pelindo