Nunukan siapkan 55 komputer baru untuk tes CPNS dan PPPK

id Tes CPNS, Tes PPPK, Pemkab Nunukan

Nunukan siapkan 55 komputer baru untuk tes CPNS dan PPPK

Ilustrasi - Peserta seleksi CPNS/PPPK Pemkab Nunukan menjalani tes kompetensi sistem komputer di Kota Tarakan pada 2023 lalu. ANTARA/HO-Dokpim Nunukan

Tanjung Selor (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Nunukan menyiapkan 55 unit komputer baru untuk digunakan ujian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sistem Computer Assisted Test (CAT).
“Kami juga telah membenahi ruangan sesuai standar BKN (Badan Kepegawaian Negara),” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Nunukan, Sura’i di Nunukan, Minggu.
Persiapan itu merupakan bentuk keseriusan Pemkab Nunukan menyelenggarakan tes secara mandiri di daerahnya. Sebab selama ini, tes CPNS maupun PPPK lingkungan Pemkab Nunukan selalu diadakan di Kota Tarakan.
“Dulu sangat memberatkan ongkos yang dikeluarkan oleh peserta karena harus ke Tarakan, tahun ini insyaallah sudah bisa dilaksanakan di Nunukan,” ujarnya.
Pemkab Nunukan mengucurkan dana Rp1,3 miliar untuk mengadakan komputer dan membenahi ruangan sesuai dengan standar BKN.
"Pengadaan komputer 55 unit anggarannya Rp1,2 miliar, pembenahan ruangan mulai pemasangan lantai, pengecatan, pengadaan meja penyimpanan berkas, dan meja penerimaan, kurang lebih Rp159 juta," ujarnya.
Selain itu jaringan internet dengan koneksi yang kuat dan stabil sangat dibutuhkan pada saat pengoperasian komputer untuk tes CAT peserta.
Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Diskominfo agar difasilitasi dengan kekuatan jaringan dan perangkat keras yang andal sehingga jaringan internet internet sesuai yang diharapkan.