Pemprov Kaltara Sosialisasi Pembiayaan Pelaku UMKM

id Pemprov

Pemprov Kaltara Sosialisasi Pembiayaan Pelaku UMKM

Sekretaris Provinsi Kalimantan Utara Suriansyah saat membuka kegiatan Sosialisasi Pembiayaan Pelaku UMKM di Tanjung Selor, Bulungan, Senin (8/7). ANTARA/HO-DKISP Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Sekretaris Provinsi Kalimantan Utara Suriansyah secara resmi membuka kegiatan Sosialisasi Pembiayaan Pelaku UMKM di Tanjung Selor, Bulungan, Senin.

"Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah dalam memperkuat sektor UMKM sebagai pilar penting perekonomian daerah," kata Suriansyah.

Dia menyampaikan UMKM berperan krusial dalam mendorong perekonomian daerah.

"UMKM mampu meningkatkan pendapatan masyarakat serta membuka lapangan pekerjaan. Di Kabupaten Bulungan, UMKM berperan penting dan strategis dalam proses pembangunan Kalimantan Utara," kata Sekprov.

Ia menyebutkan UMKM dihadapkan pada berbagai tantangan, terutama dalam hal pembiayaan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Pemprov Kaltara terus mendorong akselerasi penyaluran pembiayaan UMKM sebagai salah satu strategi dalam menjaga pertumbuhan ekonomi.

"Pemerintah berupaya mengintegrasikan seluruh fasilitas pembiayaan UMKM untuk mendukung pemberdayaan melalui program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) serta program Corporate Social Responsibility (CSR),"jelasnya.

Kegiatan Sosialisasi Pembiayaan ini diharapkan dapat membantu UMKM Kabupaten Bulungan menstabilkan dan meningkatkan keberlangsungan usahanya di masa mendatang.

"Pembinaan, pengembangan, dan pemberdayaan UMKM merupakan tugas bersama antara pemerintah dan seluruh elemen masyarakat," kata Suriansyah.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pejabat pemerintah, pelaku UMKM, serta pihak-pihak terkait lainnya. Semua peserta diharapkan dapat mengikuti sosialisasi ini dengan baik untuk memaksimalkan manfaat yang dapat diperoleh.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Utara Hasriani, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Utara, Perwakilan Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bulungan, PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Bulungan, Bank Kaltimtara Cabang Bulungan dan Bank Syariah Indonesia Cabang Tanjung Selor.
Baca juga: Pembangunan Jalan Provinsi Kaltara Menunjukan Tren Positif
Baca juga: Kaltara raih penghargaan pada Anugerah Merdeka Belajar 2024